Cara Pembuatan Keripik Pisang dan Kulit Pisang Yang Renyah dan Gurih

.
.
Keripik pisang mudah diperoleh di warung-warung. Rasanya yang gurih dan renyah saat digigit membuat banyak orang ingin terus memakannya. Keripik pisang biasanya disajikan bersamaan dengan secangkir teh atau kopi panas. Camilan merakyat ini mudah dibuat oleh siapa saja. Namun, tak semua orang bisa cara membuat keripik pisang empuk dan renyah. Uraian di bawah ini akan membahas pembuatan keripik pisang secara lengkap dan menyeluruh.

Sebenarnya, keseluruhan buah pisang bisa dipakai sebagai bahan baku pembuatan keripik pisang. Maksudnya, sudah lazim kalau buah pisang yang diambil sebagai bahan baku keripik pisang. Kulit pisangnya sebenarnya juga bisa dipakai sebagai bahan baku keripik pisang. Bagaimana dengan rasanya? Tak kalah nikmatnya dengan keripik pisang dari bahan baku buahnya. Mau mencoba membuatnya? Oke, sekarang kita bersama-sama menyimak penjelasan di bawah ini.

Proses Pembuatan Keripik Pisang Empuk dan Renyah
Cara membuat keripik pisang berbahan baku buah pisang
Bahan-bahan
  •     Buah pisang matang
  •     Kapur
  •     Garam
  •     Minyak goreng
Langkah-langkahnya
Buang kulit pisang dari daging buahnya. Kemudian, iris daging buah setipis mungkin. Bentuk irisan bisa dari arah vertikal maupun horizontal. Irisan buah pisang direndam ke dalam larutan air kapur selama 30 menit. Larutan kapur ini nantinya akan membuat keripik pisang terasa renyah, empuk dan gurih. Setelah direndam, angkat dan cuci bersih irisan pisang dengan air bersih. Kemudian irisan pisang dikeringanginkan atau ditiris. Setelah terlihat mengering atau kisat, irisan pisang ditaburi dengan garam secukupnya. Setelah itu, irisan pisang baru digoreng.

Cara membuat keripik pisang berbahan baku kulit pisang
Kulit pisang saat pengupasan jangan dibuang. Kulit pisang ini bisa diolah menjadi keripik pisang yang enak dan gurih.
Bahan-bahan
  •     Kulit pisang segar yang baru dikupas
  •     Larutan air kapur
  •     Larutan air garam
  •     Larutan air gula
Langkah-langkahnya
Kulit pisang dipotong secara rapi. Selanjutnya, potongan kulit pisang dibersihkan dengan air bersih. Angkat dan masukkan ke dalam larutan kapur selama 20 menit. Angkat dan masukkan ke dalam larutan garam selama 10 menit. Angkat lagi dan masukkan ke dalam larutan gula selama 30 menit. Angkat dan jemur potongan kulit pisang selama sehari. Setelah itu, baru kulit pisang digoreng.

Keripik pisang yang berbahan baku buahnya dan kulitnya sama-sama terasa enak dan nikmat. Jika keripik pisang akan dijual sebaiknya dikemas ke dalam kantong plastik yang kedap udara. Penambahan rasa keripik pisang bisa bermacam-macam variasi, antara lain: balado, coklat, keju, asam pedas dll.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive