Cara Membuat Selang Infus Botol Bekas Untuk Irigasi Tetes Sederhana Tanaman Buah

Sponsored Links
Memanfaatkan selang infus untuk menyiram tanaman buah memang bukan hal yang baru. Banyak orang sudah mempraktekkan teknologi sederhana ini pada berbagai jenis tanaman buah dengan hasil memuaskan.
Selain murah dan efisien, penggunaan selang infus untuk menyiram tanaman juga membuat intensitas dan volume air siraman dapat diatur. Untuk tanaman buah yang ditanam di rumah, teknologi ini memungkinkan pemiliknya meninggalkan rumah dalam waktu cukup lama tanpa khawatir tanaman buahnya kekurangan air.

Bahan utama yang diperlukan untuk membuat ‘irigasi selang infus’ ini adalah botol air mineral bekas dan selang infus bekas yang masih lengkap dengan alat pengatur debit tetesan.
Yang perlu diperhatikan, apabila menggunakan selang infus bekas rumah sakit maka perlu dicuci bersih dengan alkohol agar sisa obat atau bahan kimia dalam selang tidak tersisa. Bisa juga membeli selang infus baru lengkap dengan botolnya namun harganya cukup mahal.
Teknologi sederhana ini sebenarnya merupakan modifikasi dari teknologi irigasi tetes. Air yang terdapat dalam botol akan mengalir melalui selang dengan adanya gaya gravitasi, sehingga tanpa adanya perlakuan apa pun air akan mengalir sendiri melalui selang infus tersebut.
Pada selang infus ada bagian pengatur tetesan yang akan mengatur jumlah debit air yang keluar dari selang. Banyak tidaknya jumlah tetesan ini akan mempengaruhi debit yang dikeluarkan selang. Besar kecilnya debit air sangat mudah diatur sesuai dengan kebutuhan sehingga jumlah air yang keluar dari selang sesuai dengan kebutuhan air tanaman buah yang dibudidayakan.
Air pada botol penampung akan terus mengalir secara terus menerus sepanjang hari dengan jumlah yang sama setiap waktu sehingga akan menjamin ketersediaan air yang diperlukan tanaman buah.
Masing-masing jenis buah tentu berbeda tingkat kebutuhan airnya, maka perlu diketahui terlebih dahulu dosis tepat pemenuhan kebutuhan airnya. Yang menarik, teknologi sederhana ini juga bisa dipergunakan untuk memupuk tanaman buah. Aplikasi pemupukan dengan cara dicampur pada air siraman di dalam botol. Mudah dan murah bukan?
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive