Apa Perbedaan Jambu Kristal dan Jambu Mutiara ?

.
.

Crystal Guava
Jambu Kristal Agrica
 mengapa kedua jambu hebat ini masuk dalam kategori buah Nusantara, padahal kan negara asalnya bukan Indonesia...
Nah, yang dimaksud Buah Nusantara, yaitu segala jenis buah yang dikembangkan di Indonesia (Ditanaman dan dibudidayakan massal) baik itu buah asli negara Indonesia ataupun buah introduksi dari nonIndonesia. So, sudah tau kan kenapa jambu Kristal dan jambu Mutiara ini jadi buah Nusantara?.... hehe

Awalnya Jambu asal Taiwan ini di kembangkan menjadi buah Nusantara karena memiliki karakteristik yang hampr sama dengan buah apel.Karena Tingginya angka impor apel Indonesia, sehingga pihak yang terlibat merasa perlu mengurangi impor Apel. Sehingga dipilih lah buah Jambu yang sangat mudah di budidayakan dan cenderung banyak peminatnya.


Jambu Kristal


Jambu Kristal sangat optimal tumbuh pada suatu tempat dengan suhu rata-rata berkisar antara 23-28°c. Sehingga, ketinggian yang cocok dengan suhu tersebut berkisar antara 200-500mdpl. Pada suhy dibawah rata-rata, jambu kristal tetap dapat tumbuh,namun biasanya tidak terlalu optimal, misalnya berbuah sesikit lebih lama.

Selain kondisi suhu, yang sangat berpengaruh ialah kualitas tanah. Tanah yang memiliki solum dalam sudah dikenal sangat cocok untuk ditanami. Tanah yang subur akan mendukung pertumbuhan jambu kristal. Karena jambu kristal sangat rajin berbuah, aehingga unsur hara tanah harus terjaga untuk mengimbangi kondisi jumlah buah yang banyak.

Pengairan yang baik dan teratur akan memberikan efek yang sangat baik.Jambu kristal akan terus menerus berbuah jika pengairan teus menurus dengan jumlah yang cukup. 

Jambu kristal yang ditanami di bawah naungan akan memiliki kualitas buah yang kurang bagus. Hal ini karena fotosintesia yang dilakukan tanaman tidak optimal karena terhalang naungan tanaman lain. Sehingga sangat sianjurkan menanam jambu kristal di ruang terbuka dengan penyinaran optimal.

 MEilirik perbedaan memang sangat mudah jika dilihat dari segi fisik suatu buah. Jambu kristal memiliki bentuk bulat sedikit gepeng, terkadang memiliki bentuk yang tidak simetris. Berat jambu kristal bervariasi dari 100-500 gram per buah, namun untuk grade A memang 250-300 gram perbuah. KAtegori buah jambu kristal yang bagus memiliki bentuk yang baik, kulit buah mulus, berat 250-300 gram, dan warna kulit hijau muda.

Crystal Guava
Jambu Kristal

Selai itu perbedaan yang mencolok ketika dibelah Jambu kristal memiliki jumlah biji dibawah 3% dari total masa buah, tekstur buah yang empuk dan krispi sehingga sangat ramah dikonsumsi untuk kalangan orang tua. 

Super Crystal Guava
Jambu Kristal Super

Jambu Mutiara



Jambu Mutiara atau dalam bahasa Internasional dikenal dengan nama Pearl Guava, merupaka salah satu varietas jambu unggulan yang berasal dari Taiwan. Di Indonesia, di perkenalkan bersama proyek ICDF kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor. Di Indonesia, jambu ini belum terkenal karena kalah populer dengan jambu tanpa biji jambu kristal. Saat ini yang diketahui melakukan budidaya jambu mutiara yaitu ADS IPB, dan BDB Farm yang bekerjasama dengan Agrica Global Perkasa.

Kerjasama antara BDB Farm dan AGP   dalam melakukan budidaya jambu mutiara berupa pengelolaan kebun sebanyak 700 pohon yang letak kebun berada di daerah Leuwi liang, kabupaten Bogor.
Pearl Guava Field
Kebun Jambu Mutiara BDB Farm-AGP


JAmbu mutiara sangat menarik dan unggul karena memiliki buah yang besar dengan bobot antara 200-400 gram, bentuk bulan mirip buah pear, tekstur daging buah tebal dan empuk, serta yang sangat khas yaitu bijinya yang bertektur krispi (Biji dapat dimakan). Selain itu keunggulan dari jambu ini yaitu memiliki rasa manis yang luar biasa, tak salah jambu ini menjadi primadona dikalangan pecinta jambu dunia.

Jambu Mutiara
Jambu mutiara
Selain dalam segi fisik dan rasa buah, kehebatan lainnya yaitu jambu mutiara lebih kuat dalam menghadapi serangan hama. Selain itu jambu ini sangat cocok di budidayakan di daerah dingin. Berbeda dengan buah yang lain, di suhu udara yang dingin malah tidak cocok.
Pearl Guava
Jambu Mutiara
 Dilihat dari segi fisik, jambu mutiara sangat berbeda dengan jambu kristal. Hal ini dilhat dari bentuk buah jambu mutiara yang bulat sedikit memanjang mirip alpukat, memiliki pola tumbuh buah, simetris, lebih mulus, dan memiliki bobot yang lebih besar.

Pearl Guava
Jambu Mutiara
 Dilihat dari segi bobot, jambu mutira relatif lebih besar. terlihat dari rata-rata panen buah jambu mutiara sebesar 200-500 gram, bahkan bisa mencapai 1 kg per buah.
 Dilihat dari penampakan dalam buah, jambu mutiara memiliki biji yang relatif lebih banyak, membentuk pola seperti bunga, dan yang paling menarik biji buah jambu mutiara memiliki tekstur yang krispi, sehingga dapat di konsumsi dengan biji.nya.

Pearl Guava
Jambu Mutiara
 So, itulah perbedaan antar buah Jambu Mutiara denga Jambu Kristal. Semoga bermanfaat. 
Sponsored Links
loading...
Loading...
.