Loading...

ini kah 10 Makanan Terbaik Bagi Kecerdasan Otak?

Sponsored Links
.
Loading...






10 Makanan Terbaik Bagi Kecerdasan Otak - Ingin kecerdasan otak anda dan anak anda bertambah? Maka syaratnya adalah penuhilah asupan gizinya dengan cara memilih makanan-makanan sehat untuk dikonsumsinya sehari-hari.



Makanan-Makanan Pendongkrak Kecerdasan Otak

Berikut ini ada beberapa makanan yang dijuluki sebagai “Brain Food”, di mana makanan-makanan ini dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan dan daya ingat serta merangsang pertumbuhan sel-sel otak. Lalu, apa sajakah itu? Seperti yang dilansir dari Kompas, berikut adalah 10 makanan yang baik untuk otak :

1. Salmon
Ikan berlemak ini adalah sumber terbaik dari asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang memiliki peran penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan dari fungsi otak. Penelitian baru-baru ini juga telah menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan asupan asam lemak omega-3 lebih banyak maka diketahui dapat berpikir lebih tajam dan memperoleh hasil yang memuaskan pada uji kemampuan. Menurut para ahli, kendati tuna juga termasuk makanan yang mengandung asam lemak omega-3, namun kandungannya tidak sebanyak pada ikan salmon.

2. Telur
Telur sudah lama dikenal sebagai sumber penting protein yang sangat mudah didapat dan harganya pun cukup terjangkau. Walaupun mengandung kolesterol, namun bagian kuning telur ternyata kaya akan kolin, yakni suatu zat yang dapat membantu perkembangan daya ingat atau juga memori.

3. Kacang tanah dan Selai kacang
Kacang tanah dan selai kacang juga diketahui memiliki kaya akan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan yang berperan baik dalam melindungi membran-membran sel saraf. Bersama tiamin dan vitamin E akan membantu sel saraf dan otak untuk menggunakan glukosa sebagai kebutuhan energi.

4. Gandum murni
Otak ini membutuhkan persediaan atau suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya stabil dan konstan. Gandum murni ini memiliki peran untuk mendukung kebutuhan itu. Serat yang terkandung di dalam gandum bisa membantu mengatur proses pelepasan glukosa didalam tubuh. Gandum ini juga memiliki kandungan vitamin B yang dapat berguna dalam memelihara kesehatan sistem saraf.


5. Oatmeal
Oat atau oatmeal adalah jenis sereal yang sangat populer di kalangan anak-anak dan Oatmeal ini merupakan sumber nutrisi penting bagi fungsi otak. Oatmeal mampu menyediakan energi untuk otak yang sangat diperlukan anak-anak untuk mengawali kegiatan di pagi hari. Selain itu, serat pada oatmeal juga memiliki peran untuk menjaga otak anak agar terpenuhi kebutuhannya sepanjang pagi. Adapun kandungan lain yang terdapat di outmeal lainnya yaitu seperti seng, potasium, vitamin B, dan juga vitamin E yang membuat fungsi tubuh dan otak berfungsi pada kondisi selalu prima.

6. Buah berry
Buah-buahan berry seperti stroberi, blackberry, raspberry, blueberry, dan lain sebagainya banyak mengandung akan nutrisi penting yang sangat baik bagi kesehatan terutama untuk otak. Antioksidan yang tinggi pada buah berry ini, terutama yaitu vitamin C, memiliki peran baik untuk mencegah kanker. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak dari buah stroberi dan blueberry dapat perbaikan fungsi daya ingat. Biji dari buah berry juga diketahui juga mengandung asam lemak omega-3 yang juga sagat baik bagi fungsi otak.

7. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah termasuk yang paling spesial karena menawarkan sejumlah energi yang besar yang berasal dari karbohidrat kompleks dan juga protein. Selain itu, kacang-kacangan ini juga merupakan sumber serat, mineral, dan juga vitamin. Kacang dikatakan baik untuk otak dikarenakan makanan ini dapat memberikan energi lebih lama dan juga dapat membantu kemampuan berpikir anak-anak.  Karena berdasarkan hasil penelitian, kacang pinto dan kacang merah mengandung asam lemak omega-3 (khususnya ALA) lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis kacang lainnya.

8. Sayuran berwarna
Wortel, bayam, labu, ubi jalar, dan tomat adalah merupakan sayuran-sayuran kaya nutrisi dan kaya antioksidan yang dapat membuat sel-sel otak jadi lebih kuat dan juga sehat.

9. Daging sapi tanpa lemak
Adalah merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan zat besi. kandungan zat besi ini adalah mineral esensial yang dapat membantu anak-anak berkonsentrasi dan tetap berenergi ketika melakukan aktifitas termasuk sekolah. Daging sapi ini juga memiliki kandungan mineral lain seperti seng yang dapat membantu menjaga daya ingat anak.

10. Susu dan Yogurt
Makanan-makanan dari produk susu cenderung mengandung kaya vitamin B dan protein yang cukup tinggi. Kedua jenis nutrisi ini penting karena dapat membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan neurotransmitter. Susu dan yogurt  ini juga bisa membantu perut anda kenyang karena kandungan karbohidrat dan proteinnya di dalamnya dan sekaligus menjadi sumber energi untuk otak.


Sumber : http://www.artikelkesehatan99.com
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter