Loading...

Ciri Bibit Sapi Unggul dalam Usaha Penggemukan Ternak

Sponsored Links
.
Loading...
Bibit sapi adalah awal dari mimpi dalam keberhasilan anda. Faktor ini sangat penting, perjlanan kesuksesan bisnis sapi ditentukan oleh (sebagian besar) bibit yang kita miliki.

Bibit Sapi Unggul

sapi bali
Agar usaha ternak sapi anda bisa berjalan lancar dan sukses, anda juga harus memilih bibit sapi yang bagus. Berikut beberapa cara memilih bibit sapi yang bagus, yaitu :
  1. Bibit sapi yang bagus memiliki cirri-ciri fisik seperti
  • Mempunyai bentuk tubuh yang proporsional yaitu mempunyai rangka tubuh yang kokoh serta lebar.
  • Mempunyai tinggi tubuh yang sama antara depan dan belakang serta tubuhnya memanjang.
  • Mempunyai dada yang lebar, dengan mempunyai dada yang lebar akan membuat pertumbuhan daging di daerah dada bisa maksimal.
  • Mempunyai bulu yang kering dan pendek dengan mata yang bersinar dan responsive terhadap lingkungan sekitar.
  • Bibit sapi yang bagus biasanya mempunyai pantat yang lebar serta perut kecil. Karena bibit sapi yang mempunyai perut besar menandakan bahwa bibit sapi terkena penyakit cacingan. Perut bibit sapi yang terlalu besar akan menghalangi pertumbuhan di bagian lain, karena daging biasanya hanya akan tumbuh di bagian perut saja.
  • Mempunyai kaki yang kokoh dan tulang kaki yang besar. Kaki yang kokoh pada bibit sapi yang bagus akan menopang berat badan sapi yang semakin besar.
  • Bibit sapi mempunyai bentuk kaki yang normal serta lurus.
  • Bibit sapi yang bagus memiliki bentuk tubuh yang tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk. Pilihlah bibit sapi yang berukuran sedang karena bibit yang terlalu kurus dan gemuk pertanda bahwa keadaan sapi tidak terlalu baik untuk dikembangbiakkan.
  1. Untuk memulai usaha ternak anda, pilihlah bibit sapi yang sudah berusia 2-3 tahun. Karena pada usia tersebut merupakan umur yang paling ideal untuk dikembangbiakkan. Selain itu, pada usia sapi tersebut sapi akan lebih mudah untuk tumbuh dan kembang yang maksimal.
  2. Bibit sapi yang anda pilih memiliki nafas yang teratur, ini tanda bahwa bibit sapi dalam keadaan bagus.
  3. Memiliki sistem pencernaan yang lancar.
  4. Bibit sapi mempunyai gerak yang aktif, karena bibit sapi yang lemas dan tiduran menandakan bahwa bibit terkena penyakit.
Sumber : http://erakini.com/bibit-sapi-unggul/
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter