Cara Mudah Menanam Ubi Atau Ketela Rambat

.
.




Ubi Atau ketela merupakan tanaman umbi–umbian yang berasal dari Amerika latin, tanaman ini dapat tumbuh hingga 1,5 – 3 cm. tanaman ini sangat digemari oleh masyarakat pada umumnya. Pada zaman dahulu pada masa penjajahan manusia menggunakan tanaman ini sebagai makanan utama, serat yang terkandung didalamnya cukup banyak sehingga mampu memberikan rasa kenyang dan menjadikan energi bila dimakan. Ditambah lagi tanaman ini murni tanpa ada bahan pengawet jadi aman untuk dikonsumsi semua kalangan.



Cara menanam ketela atau ubi ini sangat mudah yaitu sebagai berikut :

  1. Sediakan lahan secukupnya, bersihkan lahan dari sisa – sisa kotoran yang ada, serta tambahkan kompos untuk menjadikan tanah berkualitas.
  2. Sediakan bibit benih ketela yang bagus agar hasil panen bisa maksimal.
  3. Pada lahan yang sudah disediakan tadi buatlah lubang – lubang kecil yang berukuran 20cm dengan jarak 150x15cm. letakkan benih bibit ketela kemudian tutup dengan tanah dan berikan pupuk dasar 10cm dari lubang bibit.

Selanjutnya tahapan pemupukan, pemupukan dilakukan tiga kali sekali panen. Pemupukan yang pertama dilakukan saat ketela berumur 30 – 45 Hari setelah tanam (HST) dengan menggunakan Urea 200kg/ha. ( sesuaikan lahan ). Pemupukan yang kedua dilakukan saat ketela atau ubi berumur  120 hari setelah tanam dengan menggunakan NPK 200kg/ha (sesuaikan lahan ). Pada tahapan yang ketiga dilakukan pemupukan saat ketela/ubi berumur 180 hari setelah tanam dengan menggunakan ZA 200kg/ha ( sesuaikan lahan ). Selain menggunakan pupuk rutin pada usia tertentu berilah sedikit air pada tanaman dengan tujuan agar penyerapan pupuk bisa maksimal meskipun tanaman ini tidak membutuhkan banyak air.

Tahapan terakhir adalah panen. Panen dilakukan setelah ketela/ubi berusia 330 – 360 hari setelah tanam. Cara memanennya bisa langsung dicabut batangnya sehingga ketela yang didalamnya bisa keluar atau dengan dicangkul terlebih dahulu pada sekitar tanaman kemudian cabutlah dengan tangan dan ketela akan keluar, setelah itu potong dengan pisau antara batang dan buah agar bisa berpisah selanjutnya ketela atau ubi bisa dimanfaatkan.

Itulah cara atau teknik yang digunakan untuk menanam ketela atau ubi, manfaat dan kegunaan ketela sangat banyak, selain untuk makanan ringan ketel juga bisa dijadikan bahan dasar kue. Dan apabila dilakukan fermentasi akan menjadi lebih nikmat saat dikonsumsi. Sekian terima kasih.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive