Cara Mudah Membuat Manisan Mangga Kering

.
.






















Mangga merupakan salah satu jenis buah yang mudah dijumpai di Negara tropis termasuk Indonesia. Buah dengan cita rasa nikmat ini banyak digemari. Biasanya ia dikonsumsi dalam ragam cara. Kebanyakan, buah mangga yang telah masak dimakan tanpa diolah terlebih dahulu. Sementara itu, buah mangga yang masih mengkal dan muda biasanya dioleh menjadi kuliner tertentu agar lebih nikmat. Tak semua orang memang menyukai rasa kecut pada mangga muda. Jika Anda juga demikian, tak ada salahnya mengolah mangga muda Anda agar lebih nikmat. Salah satu rekomendasi terbaik adalah manisan mangga. Berikut kami sajikan cara membuat manisan mangga kering paling praktis untuk Anda coba di rumah.

Siapkan Bahan-bahan!



Bahan Utama Manisan Mangga 
  1. Mangga muda atau yang mengkal sebanyak 5 buah.
  2. Gula apasir sebanyak 1,5 kilogram.
  3. Citrus Acid sebanyak 30 gram.
  4. Anti-oksidant sebanyak 1,5 gram.
  5. Sodium benzoate sebanyak 3,5 gram.
  6. dan air bersih sebanyak 3 liter.
Bahan Perendam Manisan Mangga 
  1. Sodium Benzoat sebanyak 3,5 gram.
  2. Citrus Acid sebanyak 25 gram.
  3. Gula pasir sebanyak 2 kilogram
  4. Air bersih sebanyak 3 liter
Mari Membuat Manisan Mangga
Setelah semua bahan-bahan yang dibutuhkan telah siap, saatnya kita meracik manisan mangga. Adapun cara membuat manisan mangga kering sebagai berikut:
  1. Pertama, bersihkan mangga dan kupas kulitnya. Pisahkan daging buah dari biji. Cuci kembali dan potong atau serut sesuai dengan selera Anda.
  2. Selanjutnya, panaskan air hingga mendidih dan kemudian angkat. Masukkan anti-oksidant dan aduk hingga rata. Selanjutnya, masukkan mangga dan rendam selama 5 menit. Setelah itu, angkat mangga dan tiriskan.
  3. Langkah selanjutnya adalah mencampur semua bahan-bahan perendam manisan mangga. Panaskan hingga mendidih. Kemudian angkat dan dinginkan. Selanjutnya, masukkan mangga yang tadi ditiriskan ke dalam bahan larutan perendam manisan tadi. Biarkan selama kurang lebih 12 jam. Selanjutnya kembali angkat dan dinginkan.
  4. Larutan perendam tadi jangan dibuang sebab akan dicampurkan kembali dengan gula sebanyak 1 kilogram dari bahan utama. Campurannya kemudian dipanaskan kembali dengan suhu sekitar 70 sampai 80 derajat celcius dengan durasi 10 menit, kurang lebih. Setelah itu, angkat dan dinginkan larutan tersebut. Terakhir, kembali masukkan mangga ke dalamnya dan rendam lagi selama 12 jam penuh. Setelah genap 12 jam, angkat dan tiriskan mangga.
  5. Agar mangga kering, masukkan ke dalam mesin pengering atau bisa juga oven dengan suhu sekitar 60 derajat celcius. Panggang selama 4 jam.
  6. Setelah dipanggang, mangga tersebut kemudian dicampur dengan sisa gula pada bahan utama sebanyak 500 gram. Diaduk sampai merta dan kembali dipanggang selama kurang lebih 3 jam. Angkat mangga dan dinginkan. Setelah dingin, segera kemas atau masukkan ke dalam stopless.
Bagaimana, cara membuat manisan mangga ini sangat mudah bukan? Jika Anda sedang mencari peluang usaha, manisan mangga ini boleh jadi merupakan ide yang baik. Selamat mencoba di rumah masing-masing ya!

Sumber  : http://sejutacarasaya.blogspot.co.id/2013/05/cara-mudah-membuat-manisan-mangga-kering.html
Sponsored Links
loading...
Loading...
.