5 Tips Berguna Menanam dan Merawat Jambu Madu

.
.
Bagaimana tips menanam dan merawat jambu madu agar tumbuh subur? Jambu air jenis madu dikenal memiliki citarasa yang begitu manis menyerupai madu. Tumbuhan yang berasal dari Deli ini bisa dibudidayakan dengan baik di pekarangan maupun menggunakan media pot. Beruntung sekali, tingkat kesulitan merawat tanaman ini pun tergolong mudah. Bahkan anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih selama 1 jam/hari untuk merawat pohon jambu madu ini agar bisa tumbuh optimal.
tips-menanam-jambu-madu.jpg
Jambu Madu
Simak kiat-kiat penanaman dan perawatan jambu madu berikut ini :
1. Pilih Bibit dari Varietas Unggulan
Paling utama, pilih bibit jambu madu yang berasal dari varietas unggulan dan berkualitas tinggi. Anda harus pintar memilih bibit semacam ini karena sudah terbukti mempunyai daya tahan dan daya produksi yang bagus. Walaupun harganya lebih mahal, tetapi ini merupakan suatu bentuk investasi yang aman untuk mendapatkan hasil panen yang memuaskan.
2. Tanam Pada Posisi yang Tepat
Menanam pohon jambu madu bisa dilakukan langsung di tanah atau dengan media pot. Idealnya, lubang penanaman di tanah memiliki jarak 2,5 sampai 3 meter sehingga masing-masing tanaman bisa tumbuh secara normal. Sedangkan untuk penanaman menggunakan pot, anda bisa menerapkan teknik pembuatan tabulampot yang benar. Penanaman yang terlalu rapat atau penggunaan pot yang kekecilan justru berakibat pada ketidaknormalan pertumbuhan tanaman-tanaman tadi.
3. Siram di Pagi dan Sore Hari
Jambu madu adalah tanaman yang memerlukan air dalam jumlah cukup banyak untuk bisa tumbuh normal. Itu sebabnya, anda perlu menyiram tanaman ini minimal 2 kali sehari ketika pagi dan sore. Namun bila cuaca sedang panas, intensitas penyiraman dapat ditingkatkan menjadi 3-4 kali sehari agar kebutuhan air terpenuhi. Prosedur penyiraman tanaman bisa dilakukan dengan metode manual, irigasi, atau kran otomatis.
4. Berikan Pupuk Kandang dan Pupuk NPK
Agar tingkat kesuburan media tanam terus terjaga sehingga pohon dapat berbuah lebat, anda perlu memberikan seluruh tanaman dengan pupuk kandang dan pupuk NPK secara berkala. Taburkan pupuk ini di sekeliling pohon jambu madu tanpa mengenai batang utamanya. Mendekati masa panen, frekuensi pemberian pupuk bisa ditingkatkan setiap 2 kali/minggu.
5. Berantas Hama dan Penyakit
Pemberantasan hama dan penyakit bertujuan untuk memastikan tanaman mampu menghasilkan buah dengan kualitas tinggi tanpa mengalami kecacatan. Untuk itu, lakukan penyemprotan menggunakan pestisida dan insektisida yang sesuai secara rutin. Guna menghindari serangan ulat, bisa juga dengan membungkus masing-masing bakal buah memakai kertas koran atau plastik.

Sumber : http://pakarbudidaya.blogspot.co.id/2015/05/5-tips-berguna-menanam-dan-merawat.html
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive