Cara Membuat Tabulampot Mangga Gedong Gincu Yang Merah Merona Berbuah Lebat

.
.



Tabulampot mangga gedong gincu tampak elok dan menawan karena buah yang bergelayutan itu berwarna merah bak lipstik yang dipakai seorang wanita. Warna buah bersemburat merah di bagian pangkal tampak kontras dengan tajuknya yang berwarna hijau tua. Tak heran kalau tabulampot jenis mangga ini banyak dicari orang untuk menambah koleksi tanaman di pekarangan rumah.




Tabulampot mangga gedong gincu memang eksklusif karena tak banyak penangkar yang berhasil membuatnya. Alasannya sulit diperbanyak dan berbuah. Dibandingkan dengan mangga apel atau manalagi, ia memang berbuah jarang dan lama waktunya. Untuk itu, sebaiknya gunakan bibit mangga gedong gincu yang berasal dari perbanyakan okulasi supaya lebih cepat berbuah. Entres harus berasal dari pohon induk yang telah berbuah minimal 3 kali. Bibit yang diperbanyak dengan cangkokan terbilang sering gagal.

Buahkan dengan cara stress air
Bibit yang sudah jadi (kurang lebih berumur 1 tahun lebih) dipindahkan ke dalam pot. Pada umur ini, tajuk bibit sudah tampak bagus. Pot yang dipakai berdiameter 50 cm. Pemilihan pot dengan diameter besar ini bertujuan agar perakaran bibit bisa tumbuh dengan leluasa. Dengan demikian, tanaman bisa lebih cepat besar.


Media tanam diambil dari campuran tanah, pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 1:1:2 atau 2:1:1. Setiap 3-4 bulan sekali tambahkan pupuk kandang dari kotoran sapi dengan dosis 12-15 kg per pot. Sehabis pupuk ditaburkan, langsung saja disiram supaya medianya tidak terlalu panas akibat proses dekomposisi yang masih tertinggal. Tiap 2 minggu, tambahkan larutan minyak ikan konsentrasi 10 cc/5 liter air ke dalam media setiap 2 minggu sekali. Minyak ikan ini akan memacu pertumbuhan vegetatif tanaman. Beri pupuk NPK 16:16:16 jelang tanaman berbunga. Dosisnya 1 genggam pupuk tiap 2 minggu dan diulang kembali sebanyak 3 kali saat kondisi daun setengah tua.

Beri perangsang bunga
Tabulampot mangga gedong gincu siap dibuahkan pertama kali pada umur 18-20 bulan setelah okulasi. Beri perlakuan stress air dan pemangkasan. Pemberian air cukup 2-3 hari sekali. Banyaknya pemberian air dikurangi sampai setengahnya. Lakukan stress air pada saat kondisi daun-daun sudah tua.

Seringkali bunga gedong gincu gagal menjadi buah. Hal ini disebabkan oleh daun-daunnya yang terlalu rimbun. Oleh karena itu, perlu dilakukan penghilangan tunas-tunas yang tumbuh di batang dan cabang. Jangan melakukan penyiraman sampai mengenai daun dan bunga karena bisa merontokkan bunga.

Tabulampot Mangga Gedong Gincu Yang Merah Merona
Bibit mangga
Untuk merangsang pembunggan tabulampot mangga gedong gincu, beri KNO3 dan paklobutrazol 25%. Pemberian obat perangsang ini jangan sampai berlebihan. Taburkan KNO3 sebanyak 2-3 sendok makan ke media dengan jarak 10 cm dari batang. Pemberiannya dilakukan tiap 2 bulan sekali. Untuk paklobutrazol konsentrasi larutan 5cc/5 liter air yang disemprotkan 3-4 bulan sebelum pembungaan. Frekuensi pemberian cukup sekali setahun.

Bila bunga telah muncul, tunggu sampai 3 bulan. Buah yang jadi dan berkembang akan memunculkan warna semburat kuning kemerahan. Lakukan juga pembersihan batang dari kotoran dan lumut secara berkala biar penampilan tabulampot mangga gedong gincu begitu mempesona.

Sumber : http://birdbody.blogspot.co.id/2015/10/tabulampot-mangga-gedong-gincu-yang.html
Sponsored Links
loading...
Loading...
.