Cara Mudah Mencangkok Pepaya California / Callina

.
.

Mencangkok adalah salah satu cara menanam tanamann dengan cara vegetatif. Yakni menanam tanaman tanpa menggunakan biji. Mencangkok biasanya bisa dilakukan pada tanaman yang berbiji terbelah dua atau dikotil. Tetapi Inovasi baru ternyata memungkinkan pencangkokan pohon pepaya california. Pencangkokan ini sangat baik dilakukan untuk tambal sulam tanaman yang kekurangan bibit pepaya. Atau memperbanyak pohon pepaya california yang memiliki produksi istimewa. Sehingga cocok dijadikan pameran tanam buah dalam pot.

Secara umum, cara mencangkok pepaya california tidaklah berbeda dengan cara mencangkok pada umumnya. Yakni menempelkan nutrisi yang bersentuhan langsung dengan pohon atau tanaman yang akan dicangkok.

Keuntungan Mencangkok pepaya california

  1. Perkembangan Vegetatif sehingga sifat induk sama persis dengan sifat tanaman yang dihasilkan.
  2. Lebih Cepat berbuah
  3. Lebih Simpel karena tidak memerlukan banyak proses untuk mendapatkan bibit berkualitas.
  4. Memendekkan benih pepaya yang sudah tinggi jadi pendek lagi.

Memilih Pepaya California yang tepat untuk dicangkok

 Pilihlah pohon yang sudah pernah berbuah. Buahnya memenuhi kualitas unggul, baik rasa maupun daging buah yang tebal dan enak. Dari Pohon terpilih inilah nanti yang akan dijadikan bibit atau indukan pohon yang akan dicangkok.
Tanaman pepaya yang nantinya dipotong setelah dicangkok harus ditutup plastik agar tidak membusuk saat terkena air.

Model Model mencangkok Pepaya California

Model mencangkok pada tanaman pepaya california ada model cangkok sayatan dan model cangkok retakan.
Cangkok sayatan adalah menyayat batang dengan pisau tajam, setelah disayat batang ditahan dengan kayu agar tidak menempel lagi.
Cara Mencangkok Pepaya California
Batang Pepaya disayat dan diberi kayu agar tidak menyatu kembali.
Setelah batang disayat, kemudian diberi tutup plastik dan diberi tanah berpupuk organik untuk merangsang pertumbuhan. Jangan lupa beri lubang untuk penyiraman untuk mempermudah proses tumbuhnya akar.
Model Cangkok retakan
Model cangkok ini adalah dengan membuat retakan pada batang pepaya, retakan ini terjadi dengan membengkokkan batang pepaya sehingga timbul retakan pada pangkal batang pepaya.
Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai batang malah menjadi patah.
Setelah terjadi retakan, kembalikan batang seperti semula dan beri sekat agar tidak menyatu kembali, kemudian ikat dan berilah tanah berpupuk organik. Jangan lupa diberi lubang untuk penyiraman.
Setelah itu berilah penyangga pada batang tanaman yang diretakkan agar tidak roboh.
Tahap selanjutnya adalah anda menunggu tumbuhnya akar berwarna putih. Biasanya pada umur cangkokkan 19 hari. Jika akar sudah cukup banyak maka tanaman bisa siap dipisah dan ditanaman di media yang sudah disiapkan.
Cara Mencangkok Pepaya California


Demikian postingan tentang cara mencangkok pepaya california semoga bermanfaat. Jangan lupa share kepada teman atau saudara terdekat anda. Sukai halaman fanspage kami Rumah Petani agar anda selalu mendapat informasi menarik tentang dunia pertanian. Terima kasih
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive