Cara Mudah Membuat Tabulampot Delima Berbuah Lebat

.
.
Tabulampot delima mulai marak dikembangkan karena mengandung banyak manfaat. Ada tiga jenis delima berdasarkan warna kulit dan daging buahnya, yaitu delima merah, putih, dan hitam. Tanaman ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berbuah karena tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian 1.000 m diatas permukaan laut. Umumnya, tabulampot delima mulai belajar berbuah setelah berumur 2-3 tahun. Bunga dapat mekar 25-30 hari setelah bakal bunga muncul.
Tabulampot Delima
Tabulampot Delima

Berikut cara yang dapat merangsang pembungaan tabulampot delima.   

1. Pengaturan cahaya

Intensitas cahaya sangat mempengaruhi fase generatif tanaman delima. Delima membutuhkan 75% cahaya agar mampu menghasilkan bunga. Letakkan tabulampot pada tempat yang terbuka agar mendapat sinar matahari secara langsung. Dalam waktu 1-2 bulan bunga pun akan bermunculan. Ketika bunga mulai muncul, pindahkan tabulampot delima ke tempat yang lebih teduh atau letakkan tabulampot di bawah naungan pohon besar. Karena, delima hanya membutuhkan 50% untuk pertumbuhan bunga menjadi buah.

2. Pemupukan

Ketika bunga mulai tumbuh dan berkembang, lakukan pemupukan yang tepat untuk mendukung pertumbuhan pada buah. Biasanya, pupuk yang sering digunakan untuk meningkatkan mutu buah pada tabulampot delima ialah pupuk Taneda.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam mengaplikasikan pupuk Taneda pada tabulampot delima.

  • Larutkan satu tetes Taneda ke dalam pot 10 liter air.
  • Masukkan 2 liter larutan tersebut ke dalam kantong plastik dan gantung di atas cabang-cabang tabulampot delima.
  • Lubangi kantong plastik tersebut dengan ukuran sekecil-kecilnya. Larutan tersebut akan keluar dari plastik dan menyirami akar tanaman secara perlahan-lahan.
  • Ulangi aplikasi pemupukan setelah dua minggu aplikasi pertama. Dosisnya ditingkatkan menjadi dua tetes per 10 liter air. Hasil dari pemupukan tersebut dapat terlihat setelah 2-3 bulan. Buah-buah akar berkembang dan siap dipanen.

3. Repotting

Lakukan repotting ketika media tanam sudah kurang atau tidak subur lagi dengan media tanam yang lebih subur. Untuk hasil yang optimal, tambahkan  Agrovit dan pembenah tanah seperti Agri-SC bersama-sama ke dalam media tanam sesuai dengan dosis. Jangan lupa pula lakukan pemangkasan akar. Dengan cara, pangkas akar bagian bawah dan sekeliling sisinya hingga berukuran panjang 25-50 cm. 

4. Pemangkasan


Lakukan pemangkasan agar tabulampot delima menjadi indah dan berbuah lebat. Lakukan pemangkasan dengan mengikut pola 3-3-3, yaitu pertahankan 3 cabang primer, 3 cabang sekunder, dan 3 cabang tersier. Pemangkasan pertama dilakukan pada batang utama sempai mencapai tinggi 70-100 cm. Cabang primer dipangkas mencapai tinggi 30-50 cm. Pangkas pula cabang-cabang negatif dan daun yang terlalu rimbun.

Demikian informasi tentang petunjuk praktis membuahkan tabulampot delima yang dapat kami bagikan kepada anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk mengunjungi Budidaya Alam untuk menambah wawasan anda tentang tabulampot. Selamat mencoba. 
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive