Cara Mudah Membuat Perangkap lalat buah

.
.


 Hama lalat buah kerap sekali menyerang tanaman buah. Hama ini juga merupakan masalah utama yang harus dihadapi ketika melakukan budidaya buah-buahan. Salah satu cara untuk menangani hama lalat buah bisa dengan cara membuat perangkap lalat buah sederhana yang mudah tetapi sangat efektif mengatasi hama lalat buah. 
Tanaman buah atau sayur yang terkena hama lalat buah akan menyebabkan buah busuk dan daun sayuran rusak. Sebagian buah dan daun sayuran yang terkena serangan lalat buah ini akan menjadi, berulat dan busuk. Hal ini karena lalat betina meletakan telur ber bakteri kedalam buah. 
Cara Membuat Perangkap lalat buah
Cara Membuat Perangkap lalat buah
Seekor lalat betina mampu meletakkan telur pada buah sebanyak 1-10 butir dalam sehari ia mampu meletakkan telur hingga 40 butir. Telur kemudian menetas menjadi ulat dan akan merusakkan buah dan daun pada sayuran. Sepanjang hidupnya seekor lalat betina mampu bertelur sampai 800 butir. 

Untuk menangani masalah ini akan member sebuah tips dan cara membuat perangkap lalat buah. Metode yang digunakan adalah dengan cara menangkap lalat jantan sehingga dapat menekan perkembangan lalat buah di lingkungan kebun area budidaya. 
Cara Membuat Perangkap lalat buah 

Berikut ini bahan-bahan dan cara membuat perangkap lalat buah dengan menggunakan umpan Petrogenol. 

Bahan- bahan
  1. Botol plastik bekas yang nanti kita gunakan sebagai perangkap lalat buah
  2. Kawat / tali
  3. Kapas / kain
  4. Paku untuk melubangi botol
  5. Petrogenol Sebagai umpan
  6. Air
Cara membuat
  1. Buat lubang pada botol seukuran lalat buah
  2. Buat lubang juga pada tutup botol untuk memasukan kawat
  3. Masukan kawat pada lubang tutup botol, pada bagian bawah kawat diberi kapas atau kain, sedangkan dibagian atas dibuat lilitan, sehingga lilitan kapas/kain akan menggantung ditengah-tengah botol
  4. Isi botol dengan air sebanyak 1/4 bagian
  5. Oleskan kapas dengan Petrogenol sebagai pengikat lalat buah jantan.
  6. Gantung pada lokasi yang banyak lalat buah
Selain dengan cara membuat perangkap lalat buah dalam mengatasi hama ini bisa juga menggunkan metode lain antara lain, menggunakan GA (Gibberelic Acid) yaitu membuat penampilan buah-buahan tidak matang, sehingga lalat buah enggan meletakkan telurnya pada buah. Ada juga yang melakukan metode pelepasan serangga mandul, penggunaan umpan beracun (foliage baiting), penyemprotan tanaman beserta buahnya dengan insektisida (coverspraying).
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive