Cara Menanam Pohon Buah Delima Yang Benar

.
.
Tidak usah bingung lagi memikirkan cara menanam pohon buah delima , karena di bawah ini akan diberikan beberapa tips untuk penanamannya. Buah delima sangat banyak sekali manfaatnya, dan khasiat utamanya dalam mengobati penyakit. Karena terlalu banyak manfaat yang dikandung maka permintaan untuk memiliki buah ini sangat tinggi dibandingkan buah lainnya.



Cara menanam pohon buah delima cukup mudah karena ditumbuhkan langsung dari benih yang bervariasi. Anjuran memperbanyak klon melalui cara setek batarig berkayu menjadi cara yang terakhir dilakukan umumnya di kawasan asia tenggara. Untuk mencangkok dapat dipisahkan hingga tiga bulan. Kemudian jika akarnya terlihat baik dapat dipastikan berbuahnya bisa lebih cepat dari biasanya. Cangkokan tersebut biasanya di jual saat sedang tumbuh bunganya. Dianjurkan jarak yang dipakai sekitar 5 x 5 meter. Potonglah pucuk yang ada di samping ketika sedang menanam dan pangkaslah cabang literal agar dapat membentuk batang tunggal. Tumbuhan anakan digunakan hanya sebagai pembangkit vigor terminal dengan cara menekannya. Ini dilakukan agar tidak merusak delima. Anakannya dapat tumbuh dengan waktu yang cukup lama dan menjadi sangat muda untuk menghasilkan bunga, jadi akan merusak pohon dapat tumbuh tanpa adanya batang mengayu. Ketika iklim muson saat tumbuh bunga bisa dimanipulasi dengan cara tidak memberikan penyiraman selama dua bulan. Untuk memperkuat pertumbuhannya diperlukan pembajakan dan pemangkasan.

Pemeliharaan dengan cara memberikan pupuk pada waktu akhir musim kemarau atau panas. Banyaknya penyakit dan hama yang menyerang dirasa sangat menyulitkan penanaman. Seperti ulat penggerek buah bernama virachola Isocrates menjadi musuh paling berbahaya pada delima. Ada pula buah busuk yang disebabkan dari jamur yang menyerang ketika iklim hujan atau basah. Penggerek buah menjadi ancaman tersendiri karena sangat sulit untuk dimusnahkan, sebab penyerangannya dengan meneteskan satu persatu telurnya pada  bunga. Hal ini hanya bisa diatasi dengan memberikan pestisida atau dibungkus buahnya dan berikan fungisida.

Ketika masa pematangan, buah delima rentan dengan keretakan. Jika belum matang maka buah akan berkualitas rendah. Sebaiknya sebelum pangkal buah berubah menjadi kuning, tidak perlu dipanen terlebih dahulu. Untuk mengambil buahnya harus dipotong menggunakan gunting pemangkas. Setelah buah masak maka dapat disimpan dan dikapalkan.


Sumber : tippetaniblog
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive