Cara Memilih Bibit/Benih Ikan Lele Yang Baik aan Berkualitas

.
.

Begini, Kesuksesan bisnis ikan lele sangat bergantung pada kualitas bibit yang dipilih, semakin baik bibit maka semakin kecil resiko kerugian yang akan ditanggung. Cara memilih bibit yang baik:

pertama, pilih pergerakan bibit lele yang lincah, jika bibit lele terlihat lemas dan kurang pergerakan atau pergerakannya hanya maju mundur saja maka sebaiknya bibit lele ini jangan di beli. Pergerakan yang lincah yang dimaksud disini adalah bibit ikan lele memiliki gerakan berenang yang aktif dan sangat responsive.

Kedua, Permukaan badan yang mulus dan sewarna, jika anda menemukan bibit lele yang permukaan kulitnya lecet-lecet sebaiknya bibit ini jangan dibeli. Bibit lele yang baik memilii warna tubuh yang sewarna (umumnya cokelat tua atau hitam kemerah-merahan).

Ketiga, Bibit lele Mampu bergerak melawan arus yang lembut, caranya iringkan wadah bibit ikan lele secara perlahan, jika secara umum atau sebahagian besar bibit bergerak melawan arus yang tercipta maka dapat disimpulkan bibit tersebut dalam keadaan baik. Sebaliknya jika sebagian besar bibit ikan lele langsung terbawa arus maka sebaiknya bibit ini jangan dibeli.
Semakin sempurna bagian-bagian tubuh bibit lele maka semakin baik nilai bibit tersebut. Jangan membeli bibit lele yang cacat atau ada bagian dari tubuh yang tidak sempurna. itu awal daricara memilih bibit/benih yang baik dan berkualita

Pertimbangan Dalam Memilih Bibit/Benih Lele

  • Kesehatan Benih, Amati benih dari ukuran tubuh yang seimbang antara kepala dan tubuhnya, warna tubuhnya cerah dan mengkilap, tidak menggantung dan bergrombol di pojok kolam.
  • Keseragaman ukuran Benih, ikan lele adalah termasuk jenis hewan kanibal, jika anda memilih benih yang memiliki ukuran tidak seragam antara benih satu dengan yang lainnya maka yang besar akan memakan yang kecil/lemah.
  • Keturunan Induk Yang bagus dan berkualitas atau anda bisa cek dengan bertanya bahwa ikan ini pernah sakit apa tidak? jika ikan lele pernah sakit, tanyakan bagaimana cara penanganannya, Apakah menggunakan antibiotik, vitamin, atau probiotik, atau bahkan perlakuan teknis saja. Tidak disarankan menggunakan antibiotik dengan dosis berlebihan karena penyakit/bakteri akan bersifat kebal sehingga memerlukan dosis yang lebih tinggi.
  • Pilih Benih dari yang punya sertifikat CPIB, Beli benih lele dari balai benih atau pembudidaya benih lele yang telah mengantongi sertifikasi CPIB (Cara Pembenihan Ikan yang Baik). Hal ini untuk memastikan bahwa benih berasal dari induk lele yang unggul dan telah menerapkan cara pembenihan ikan yang baik.
Mungkin itu gan cara memilih bibit/benih ikan lele yang baik dan berkualitas. untuk sukses di bidang budidaya ikan lele memang segalanya harus di persiapkan dengan matang salah satunya dalam pemilihan bibit/benih yang baik sangatlah penting agar nilai profit kita bisa maksimal dan sebanding dengan apa yang kita usahakan.

Sumber  : toptopic.blog
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive