Cara Membuat Pestisida Organik dari Daun Pepaya

.
.

Cara membuat pestisida organik dari daun pepaya
Cara membuat pestisida organik dari daun pepaya – Cara ampuh untuk menanggulangi dan menangani tanaman yang terkena hama dan penyakit adalah menggunakan pestisida kimia atau sintetis, tetapi ketergantungan akan bahan kimia ini tidak baik untuk kesehatan dan lingkungan. Dengan mengguanakan pestisida sintetis/kimia secara berlebih juga dikhawatirkan akan merusak ekosistem di lingkungan tersebut.
Untuk mengurangi penggunaan pestisida kimia sebenarnya ada alternative lain, yaitu menggunakan  pestisida organik yang lebih alam tanpa efek samping yang buruk tetapi tetap manjur mengatasi hama dan penyakit yang penyerang tanaman. Bahan-bahan untuk membuat pestisida organik atau pestisida nabati mudah didapat dan murah, salah satu contoh yang bisa digunakan untuk membuat pestisida organik adalah daun pepaya.
Pestisida berbahan ekstrak daun pepaya ini dapat digunakan untuk mengendalikan hama ulat dan hewat pengisap seperti aphid, rayap, hama kecil, dan ulat bulu serta berbagai jenis serangga. Berikut ini bahan-bahan dan cara membuat pestisida organik dari daun pepaya.
Bahan Baku Pestisida Organik Daun Pepaya
  • daun pepaya secukupnya ( 5 - 10) helai
  • 2 sendok makan minyak tanah 
  • 30 gram detergen
  • 10 liter air
Cara Membuat Pestisida Organik Daun Pepaya
  • Langkah pertama adalah cuci bersih daun pepaya kemudian potong kecil-kecil dan ditumbuk hingga halus
  • Campur daun pepaya yang dihaluskan tadi dengan air 10 liter, campur juga dengan detergen dan minyak tanah.
  • Simpan larutan tersebut selama 1 malam, setelah itu saring dan pestisida organik dari daun pepaya siap digunakan.

Dosis : 14 Liter 1 tangkidicampur dengan 1 gelas 200ml


Demikian cara untuk membuat pestisida organik dari daun pepaya untuk mengatasi hama ulat dan hewat pengisap. Dengan bahan baku yang mudah ditemui dan terbuat dari bahan-bahan yang lebih aman semoga dengan pestisida organik ini bisa menjadi alternative untuk mengurangi penggunaan pestisida kimia.


Sumber : http://usahabudidaya.com
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive