Loading...

Cara Membuat Buah Kombinasi antara Terung dan Tomat (TERMAT) dengan Sambung Pucuk

Sponsored Links
.
Loading...
Sambung pucuk antara terong dan tomat yang telah dipraktekkan sebelumnya hanya menghasilkan buah tomat saja. Tunas-tunas dari terung justru tidak ada yang tumbuh lagi karena pemotongan batang yang oendek. Kini dicoba lagi sambung pucuk namun saat tanaman terung telah memiliki dua buah cabang utama pada ketinggian sekitar 30 cm.
Mulai berbunga
Saat terung mulai tumbuh cabang utama, saat itulah umumnya terong mulai berbunga. Tanaman terung yang sehat dan tidak ada gangguan akan segera menghasilkan buah. Satu cabang lain dapat dipilih untuk sambung dengan tanaman tomat. Dari pengalaman sebelumnya proses sambung terung tomat dapat berlangsung cepat dan juga tidak terlalu lama menghasilkan buah. Tunas tomat yang baru tumbuh bisa tidak lama juga langsung berbunga.
Berikut ini dokumentasi prosesnya, sama caranya dengan sambung pucuk yang lain yang telah banyak dipraktekkan. Bedanya hanya pada pemilihan cabang atau batang bawah yang akan disambung.
terung-bercabang
Bakal batang utama terung. Cukup subur dan rimbun daunnya. Dua cabang utama yang muncul hampir sama besarnya dan sehat. Bisa dipilih salah satunya untuk batang bawah sambungan.
belahan-terung-kombinasi
Cabang terung segera saja dibelah dengan pisau yang tajam dan bersih. Cukup empuk dan tidak menyulitkan. Jika pemotongan dilakukan tepat di bawah bekas tangkai daun atau calon tunas dimana daun baru akan tumbuh, biasanya otomatis belahan akan membuka sendiri agak lebar.
sambung-kombinasi-terung-tomat
Proses Sambung
Cari entres tomat yang ukurannya sebanding dengan cabang terung yang telah disayat tadi. Potong dan pangkas daun-daunnya yang besar. Sisakan sedikit daun yang masih kuncup di bagian atas entres, atau cukup menyisakan calon entres yang ada di ketiak daun.
Entres tomat yang telah disayat segera disisipkan ke dalam belahan dan ditali dengan erat. Pastikan kedua permukaan dapat menempel dengan baik. Segera tutup dengan kantung plastik. Beberapa hari ke depan seminggu atau sepuluh hari sambungan akan nampak tumbuh signifikan jika berhasil.
hasil-sambung-kombinasi-terung-tomat
15 hari setelah sambung, tutup plastik sudah dibuka dan daun tomat mulai bertambah besar. Calon bunga dari tomat juga sudah langsung muncul.
Sumber : http://daunijo.com/hasilkan-buah-kombinasi-antara-terung-dan-tomat-dengan-sambung-pucuk/
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter