Cara Membedakan Berbagai Macam dan Jenis Tanaman Kelengkeng

.
.

Kelengkeng
1. Lengkeng Diamond River.
  • Tajuk Daun. Dari pengamatan yang saya lakukan kelengkeng jenis Diamon river ini cenderung memiliki tajuk daun yang rimbun melebar ke samping.
  • Percabagan. Ciri lainnya adalah percabangan yang cukup  banyak, Ciri lainya yang mudah di kenali  adalah kenis percabangan yang cukup banyak, itu sebabnya kelangkeng ini sangat cocok di tanam di dalam POT.
  • Bentuk Daun. Ciri khas daunnya adalah berwarna hijau cerah, lebar, dan ciri yang paling dominan adalah tepi an daun sedikit bergelombang
  • Buah. Nah sekarang kita berbicara buah, buah varietas Diamon river cenderung berair, jangan heran kalau kita habis menikmati buah kelengkeng di tangan agak lengket (pliket Bhs. Jawa)
Kelengkeng
Kelengkeng


2. Lengkeng Kristalin.
Kelengkeng
Kelengkeng
Lengkeng ini di namain Kristalin karena daging buahnya bening sehingga biji buahnya cenderung kelihatan.Rasa dan aromanya sangat menawan, dan bila berbuah keistimewaan lengkeng ini semua pucuk berbuah dengan serentak.


Jenis ini merupakan jenis kelengkeng modern, artinya dalam satu pohon ini sudah terdapat bunga jantan dan bunga betina. Jadi dengan hanya menanam satu pohon saja sudah bisa dipastikan dapat berbuah.

Mungkin pembaca pernah menjumpai pohon kelengkeng yang besar pohonnya, rimbun daunnya, namun tidak terdapat buah sama sekali. Hal itu karena dalam pohon tersebut hanya terdapat satu jenis bunga yaitu bunga jantan saja atau bunga betina saja.

Berikut adalah keistemewaan dari kelengkeng Kristalin :
  • Hanya dalam 1 tahun sejak bibit ditanam, sudah menghasilkan buah.
  • Jumlah dompolan tiap pohon lebih banyak.
  • Jumlah buah tiap dompolan lebih banyak.
  • Daging buah lebih tebal.
  • Rasa daging buah lebih manis.
  • Aroma buah lebih tajam.

3. Lengkeng Pingpong.

Kelengkeng

Jenis lengkeng ini sangat spektakuler karena buahnya besar hampir sebesar bola pingpong.Aroma wangi dari lengkeng ini sangat khas dan manisnya tidak kepalang tanggung ( sebagian orang bilang manisnya kelewatan ).Sayang pertajukan lengkeng ini tidak selebat / serimbun jenis yang lain.Walaupun kita bisa membuat lengkeng ini menjadi lebat dengan mengatur pertumbuhan tajuk lengkeng jenis pingpong ini.

4. Lengkeng Puan Ray.
Kelengkeng

Dimocarpus longan Puang Ray. Longan/Dragon Eyes (Eng.). Berasal dari Thailand dan adaptif dataran rendah. Jumlah buah lebih lebat daripada 'Pingpong', berdaging tebal, dan berbiji kecil. Daging buah tidak berair seperti varietas 'Diamond River'. Satu lagi kelebihan 'Puang Rai’ pada umur setahun pascasambung sudah dapat berbuah. Sifat genjah itu didukung dengan frekuensi berbuah yang tinggi meski tanpa perlakuan khusus

Jenis lengkeng satu ini di percaya membawa keunggulan lengkeng Diamond River dan lengkeng Pingpong dalam satu buah.Kelebihan lain daging buahnya cenderung lebih kering dan biji buahnya kecil.

5. Lengkeng Aroma Durian.
Kelengkeng 
Daging buah dari " mata naga " ini terasa ada paduan rasa, antara khas lengkeng dengan durian setengah matang ( mengkel - red bhs Jawa ), begitu juga di aroma buahnya.Jenis aroma durian ini di percaya ada pertalian dengan Varietas pingpong.Pada kondisi tanaman normal, besar buahnya hampir sebesar buah dari lengkeng pingpong.Jenis lengkeng ini percabangannya banyak sehingga untuk membuat rimbun pada jenis aroma durian ini sangat mudah.

6. Lengkeng Satu Jari - Pucuk Merah ( Si Manohara Pinot )
Kelengkeng 
Lengkeng ( longan ) ini jenis buahnya mirip lengkeng aroma durian, yang membedakan adalah warna kulit di saat masak.Lengkeng Satu Jari akan berwarna gading ke-kuningan sedang aroma durian buah masak akan berwarna putih, selain itu aroma duriannya " khas lengkeng Aroma Durian " tidak terdapat pada lengkeng satu jari ini.

Mungkin karena ada pertalian dengan lengkeng pingpong pula,aroma buah dari satu jari ini mirip aroma lengkeng pingpong.Besar buahnya pada kondisi maksimal sebesar buah lengkeng pingpong - cuma kalau satu jari ini bijinya lebih kecil di banding biji lengkeng pingpong.Fisik daun lengkeng satu jari juga sangat berbeda dengan lengkeng aroma durian, kalau lengkeng aroma durian diantara urat - urat daunnya cembung sedang satu jari lurus ( rata ).Besar daunyapun pada kondisi sama - sama normal akan jauh lebih besar daun lengkeng satu jari ( daun aroma durian 1/2 dari daun lengkeng satu jari ).

Serat serat daun diantara urat daun pada lengkeng satu jari akan kelihatan jelas / Dominir ( terutama daun tuanya ) sedang pada aroma durian tidak.Selain itu Lengkeng satu jari ini - pengalaman di kebun kami - buahnya tidak selalu hanya di pucuk tunas, tetapi dia berbuah di ketiak daun - artinya setelah keluar bunga akan timbul tunas baru - membawa bunga, kemudian tunas baru lagi dan membawa bunga lagi.Serat - serat daun lengkeng satu jari ini mirip daun pohon jamblang - begitupun besarnya, pada kondisi di tanam pada lahan subur daun satu jari akan sebesar daun pohon jamblang, selain itu tunas baru dari lengkeng satu jari ini berwarna merah dan ada yang keungu-unguan.Ada " Joke " dari tamu asal sumatra waktu itu, karena kagum dengan penampilan tanaman dan buahnya, dia bilang " elok nian satu jari nih..macem Manohara Pinot itu.. ", tentu saja semua yang dengar jadi tertawa.


Sumber : tempathijau.com
Sponsored Links
loading...
Loading...
.