Unsur Hara Esensial Pada Tanaman

.
.
Pertumbuhan, perkembangan dan produksi suatu tanaman ditentukan oleh dua faktor utama yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan. Salah satu faktor lingkungan yang sangat menentukan lajunya pertumbuhan, perkembangan dan produksi suatu tanaman adalah tersedianya unsur-unsur hara yang cukup di dalam tanah. Terdapat 16 unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. 

Ke 16 unsur yang di butuhkan tanaman terdiri dari 9 unsur makro dan 7 unsur mikro. 9 unsur makro dan 7 unsur mikro inilah yang disebut sebagai unsur-unsur esensial. Unsur hara esensial adalah unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman, fungsinya tidak dapat digantikan oleh unsur lain.
http://3.bp.blogspot.com/-6kvEIZ23_mA/VXB9in-aNcI/AAAAAAAACBk/j-oYWAriI6g/s320/Budidaya%2Bcabai%2Bmusim%2Bhujan.jpg
Ada tiga kriteria yang harus dipenuhi sehingga suatu unsur dapat disebut sebagai unsur esensial: a. Unsur tersebut diperlukan untuk menyelesaikan satu siklus hidup tanaman secara normal (biji-biji). (b) Unsur tersebut memegang peran yang penting dalam proses biokhemis tertentu dalam tubuh tanaman dan (c) Peranannya tidak dapat digantikan atau disubtitusi secara keseluruhan oleh unsur lain.

Ketersediaan unsur-unsur esensial didalam tanaman sangat ditentukan oleh pH, N pada pH 5.5 – 8.5, P pada pH 5.5 – 7.5 sedangkan K pada pH 5.5 – 10 sebaliknya unsur mikro relatif tersedia pada pH rendah. Hal ini disebabkan karena pada pH tersebut semua unsur hara esensial baik makro maupun mikro berbeda dalam keadaan yang siap untuk diserap oleh akar tanaman sehingga dapat menjamin pertumbuhan dan produksi tanaman. Unsur hara makro diperlukan oleh tanaman dalam jumlah yang lebih besar (0.5-3% berat tubuh tanaman). Sedangkan unsur hara mikro diperlukan oleh tanaman dalam jumlah yang relatif kecil (beberapa ppm/ part per million dari berat keringnya).

Adapun unsur hara esensial tersebut adalah:
1. Unsur hara makro, terdiri atas unsur C, H, O, N, P, K, S, Ca, dan Mg.
2. Unsur hara mikro, terdiri atas unsur Fe, B, Mn, Cu, Zn, Mo, dan Cl.




Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive