Memulai Menanam Tambulampot

.
.
Tambulampot merupakan singkatan dari tanaman buah dalam pot. Tambulampot merupakan metode alternatif dari para masyarakat yang tinggal di kota untuk dapat menanam pohon buah dirumah tanpa harus memakai lahan yang cukup luas. Hal ini dikarenakan banyak dari halaman/ruang terbuka yang dimiliki rumah-rumah dikota sangat sempit. Sehingga tidak dimungkinkan untuk menanam pohon buah langsung ditanah halaman rumah.
Tambulampot selain sebagai alternatif penghijauan, kita juga dapat menikmat buah2nya.

Didalam melakukan budidaya Tambulampot, agar tanaman dalam pot rajin berbuah paling tidak ada lima syarat tumbuh atau faktor yang jadi pertimbangan.

1. Pemilihan jenis tanaman yang sesuai dengan ketinggian tempat.
Maksudnya disini adalah kita harus mengenal jenis tanaman yang akan ditanam apakah tanaman tersebut bisa tumbuh dan berbuah sesuai dengan yang diharapkan. Jangan sampai stroberi dan apel yang merupakan tanaman di daerah dingin, ditanam di dataran rendah. Otomatis tanaman tidak akan berbuah.
2. Pemilihan bibit tanaman.
Bibit unggul yang baik akan memberikan hasil yang baik juga.
3. Pemilihan media tanam.
Media tanam yang digunakan untuk tanaman buah dalam pot sebaiknya memenuhi syarat minimal, yaitu mengandung tanah sebesar 50 %, pasir 20 % dan bahan organik 30 %. Bahan dasar untuk media tanam terdiri atas tanah, pupuk kandang, kompos, pupuk kimiawi dan bahan lain sebagai tambahan.
4. Pemupukan
Pemupukan harus dilakukan dengan dosis tertentu. Kelebihan dan kekurangan dosis akan berdampak buruk bagi tanaman. Jenis pupuk yang bisa dipilih memang beragam. Berikan jenis pupuk yang mengandung unsur hara makro, seperti N, P, K dan unsur hara mikro macam Ca, Mg dan S.
5. Pengendalian hama dan penyakit tanaman.
Pemberian pestisida pada tanaman akan mengurangi serangan hama pada tanaman. Pestisida alami merupakan hal terbaik untuk menjaga kualitas dari hasil tanaman. Untuk mengurangi penyakit pada tanaman bisa juga dilakukan proses pemangkasan.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.