Loading...

Kandungan Gizi Buah Labu Siam dan Manfaatnya Bagi Ibu Hamil

Sponsored Links
.
Loading...



Labu siam pertama kali ditemukan oleh Patrick Browne di Jamaika tahun 1756. Jenis tanaman ini banyak ditanam di kawasan Filipina, Malaysia, dan Indonesia. Di Meksiko labu siam tidak hanya dimanfaatkan buahnya saja, umbinya juga dipakai sbg bahan pangan sumber karbohidrat. Sebagian besar penduduk Indonesia labu siam dikenal dgn beberapa sebutan, seperti labu jipang (Jawa Tengah), manisah (Jawa Timur) & waluh siam (Jawa Barat). Didunia umumnya sayuran ini disebut chayote.


Buah labu siam biasanya dimasak sebagai lalapan,sayur lodeh,oseng-oseng,sayur asam. Pucuk batang & daun mudanya biasa dibuat lalap/sayuran lainnya. Labu siam (Sechium edule Sw) merupakan tanaman yg termasuk dlm famili Cucurbitaceae. Tanaman ini termasuk tanaman merambat yg dapat tumbuh pd tanah dataran tinggi maupun dataran rendah, tanpa memerlukan perawatan khusus.

Berdasarkan penampilan buahnya, labu siam terbagi dua varietas, yaitu varietas labu siam & varietas labu anggur.

- Kaya Serat
Buah labu siam memiliki kadar serat cukup baik, yaitu 1,7 g per 100 g. Konsumsi serat dlm jumlah yg cukup sgt baik untuk mengatasi sembelit & aman untuk lambung yg sensitif/radang usus. Serat pangan dapat mengurangi risiko penyakit kanker yg disebabkan sistem pencernaan yg tidak sempurna. Serat pangan mampu mengurangi waktu tinggal (transit time) makanan sejak dr rongga mulut hingga sisa makanan dikeluarkan dlm bentuk feses. Selama tinggal di saluran pencernaan, serat pangan akan mengikat zat-zat karsinogenik (penyebab kanker). Berkat singkatnya transit time sisa makanan di saluran pencernaan, waktu zat karsinogenik bermukim dlm tubuh juga makin pendek, sehingga peluang terjadinya kanker menjadi sangat kecil.

- Kandungan asam folat pd buah labu siam juga cukup baik, yaitu 93 mkg per 100 g. Konsumsi 100 gram labu siam cukup untuk memenuhi 23,25% kebutuhan tubuh akan asam folat. Asam folat sangat penting bg ibu hamil karena dapat mengurangi risiko kelahiran bayi cacat. Konsumsi asam folat yg rendah pd ibu hamil berhubungan erat dgn berat bayi lahir rendah & kejadian neural tube defects (gangguan otak). Defisiensi asam folat ditandai oleh gejala anemia, yaitu jumlah sel butir darah merah berkurang. Kebutuhan asam folat pd orang dewasa adalah 400 mkg per hari. Kebutuhan ini jadi dua kali lipat pd ibu yg sedang hamil, dan bertambah 50% pd ibu sedang menyusui.

- Turunkan Kolesterol.
Buah labu siam juga kaya akan Kalium. Kalium berguna bagi tubuh untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dlm darah. Kalium bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yg tinggi juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan, jadi tubuh lebih segar. Selain itu, buah labu siam juga mengandung komponen vitamin yg cukup tinggi.

- Niasin merupakan bagian dari vitamin B kompleks yg disebut sebagai vitamin B3, berfungsi untuk menurunkan produksi VLDL (very low density lipoprotein) di dlm hati, sehingga produksi kolesterol LDL (low density lipoprotein) dan trigliserida dapat menurun. Niasin berperan pada reaksi enzimatik di dlm tubuh untuk metabolisme karbohidrat, lemak & protein, yaitu sebagai koenzim I dan koenzim II. Niasin sangat diperlukan agar suplai energi dlm jaringan tubuh berjalan normal. Kekurangan niasin yg parah setelah beberapa bulan akan mengakibatkan pellagra serta dermatitis, yaitu gangguan kulit yg khas dan simetris,terutama di bagian badan yg tidak tertutup seperti tangan, lengan, siku, kaki, kulit, dan leher.

- Labu siam juga kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 punya peran penting dlm metabolisme protein. Vitamin B6 sangat esensial untuk proses transaminasi & deaminasi serta dekarboksilasi asam amino. Kebutuhan per hari mencapai 0,02 mg untuk dewasa; 0,015 mg untuk bayi; 0,2-1,2 untuk anak-anak, dan 1,4-2 mg untuk remaja.

- Kandungan selenium pd labu siam juga cukup baik. Selenium berperan penting untuk memperbaiki mood. Sebuah penelitian di Amerika Serikat (1996) membuktikan bahwa orang yg kadar selenium tubuhnya paling rendah menunjukkan mood yang paling buruk. Konsumsi selenium disarankan sekitar 55-70 mkg perhari.

Komposisi Gizi per 100 gram Labu Siam - Komposisi gizi Kadar

Energi (kkal)... 17
Protein (g).... 0,82
Lemak (g).... 0,13
Karbohidrat (g).... 3,9
Serat (g)... 1,7
Gula (g)... 1,85
Kalsium (mg)... 17
Besi (mg)... 0,34
Magnesium (mg)... 12
Fosfor (mg)... 18
Kalium (mg)... 125
Natrium (mg)... 2
Seng (mg)... 0,74
Tembaga (mg)... 0,12
Mangan (mg)... 0,19
Selenium (mg)... 0,2
Vitamin C ... 7,7
Tiamin (mg)... 0,03
Riboflavin (mg)... 0,03
Niacin (mg)... 0,47
Vitamin B6 (mg)... 0,08
Folat (mkg)... 93
Vitamin E (mkg)... 0,12
Vitamin K (mkg)... 4,6

- Cegah Hipertensi.
tergolong makanan sehat untuk jantung & pembuluh darah bila mengandung rasio kalium:natrium minimal 5:1. Setiap 100 gram buah labu siam mengandung kalium:natrium dengan perbandingan 62:1. Selain itu, labu siam juga diketahui memiliki efek diuretik, sehingga mampu menurunkan kadar garam di dlm darah melalui pembuangan air seni. Berkurangnya kadar garam yg bersifat menyerap/menahan air ini akan meringankan kerja jantung dlm memompa darah, sehingga tekanan darah akan menurun.

- Labu siam juga sangat baik bagi penderita asam urat. Efek diuretik dari labu siam akan melancarkan buang air kecil, sehingga kelebihan asam urat dapat segera dikeluarkan dari dlm tubuh.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter