Jenis-Jenis Bonsai Kelapa Dan Tips Membuatnya

.
.


 Berbicara soal kelapa pasti sudah tidak asing lagi untuk mendengar tanaman hias bonsai kelapa. Dimana bonsai yang dibuat dari kelapa ini sangatlah digemari oleh siapapun karena bentuknya unik dan sangat cantik untuk penghias rumah ataupun taman. Namun dalam pembuatan bonsai ini tentunya tidaklah mudah, karena tidak semua kelapa dapat dibonsaikan. Nah adapun beberapa kelapa yang dapat dibonsaikan dan menjadi tanaman penghias yaitu: 
Jenis-Jenis Bonsai Kelapa Dan Tips Membuatnya
Jenis-Jenis Bonsai Kelapa Dan Tips Membuatnya
1. Kelapa gading susu 
Jenis kelapa ini berwarna putih jenis kelapa hibrida yang banyak tumbuh di daerah subtropics. Tetapi biasanya digunakan sebagai kelapa taman sebagai pengganti pohon palem. 

2. Kelapa gading merah 
Jenis kelapa ini juga merupakan kelapa hibrida dengan warna merah kekuning-kuningan. Dimana jenis kelapa ini begitu unik dan cantik untuk dijadikan bonsai kelapa namun proses pengolahannya haruslah menggunakan banyak pupuk dan vitamin tanaman lainnya. Karena kelapa jeniis ini rentah akan kehilangan zat hijau daunnya. Jadi bila kekurangan zat tanam, maka batang pada kelapa merah ini akan berubah menjadi hijau dan zat merahnya akan menghilang. Untuk itu perlu dilakukan penggantian media tanah, pupuk dan vitamin lainnya. 

Dari bebrapa jenis kelapa diatas dapat dijadikan bonsai untuk tanaman hias ditaman rumah anda. Nah tidak hanya itu, disini adapaun kami akan memberkan tips membuat bonsai kelapa. Diantaranya: 
  1. Carilah bibit kelapa yang sudah tua yang sebaiknya dipetik langsung dari phonnya, karena bibit kelapa yang tua lebih cepat menumbuhkan tunas tetapi bila bibit sudah terjatuh tanpa dipetik akan menghasilkan bentuk yang kurang bagus dan kentosnya pun mudah rapuh akibat terjatuh itu. Dalam hal ini akan lebih sempurna bila kelapa yang akan dibonsaikan memiliki kentos (batok) yang sangat kecil dan memiliki akar yang besar, karena dilihat dari kentos yang kecil akan mempermudah dalam membentuk batang sesuai yang diinginkan.
  2. Untuk kelapa yang belum memiliki tunas sebaiknya ditemptkan ditanah lembab dan mengandung banyak air.
  3. Buka serabut kelapa yang sudah bertunas menggunakan ujung sendok secara perlahan supaya tidak mengenai akar dan jangan sampai terputus.
  4. Bila kelapa sudah tumbuh tinggi 15-20 cm, sayat tunasnya yang paling bawah untuk membentuk batang. Lakukan berulang minimal 3 hari sekali dengan hati-hati.
Jadi itu jenis-jenis kelapa yang dapat dibonsaikan dan beberapa tips dalam membuat bonsai kelapa.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive