Cara Menanam Anggur didalam Pot

.
.
Cara Menanam Anggur didalam Pot

Anggur merupakan buah yang bisa dikatakan kelas atas karena harganya yang lumayan tinggi. Anggur masih termasuk dalam keluarga vitaceae. Anggur dapat dikonsumsi langsung dan juga bisa dibuat sebagai minuman seperti jus, bir dan lain-lain. Buah ini bukan hanya enak tetapi juga terkenal dengan kandungan senyawa polifenol serta resveratol yang mempunyai fungsi dalam metabolisme tubuh. Selain itu buah ini juga dapat mencegah terjadinya sel kanker serta penyakit lainnya. Anggur sudah dibudidayakan sejak 4000 sm silam di timur tengah. Tetapi untuk pengolahan anggur yang dijadikan minuman baru ditemukan oleh bangsa mesir pada tahun 2500 silam sebelum masehi. Setelah itu proses pengolahan dari anggur ini langsung menyebar ke beberapa penjuru dunia seperti spanyol, jerman, laut hitam, austria dan perancis. Orang yang berjasa dalam penyebaran ini adalah colombus.

Jika anda tertarik untuk budidaya anggur tapi tidak mau repot berkebun maka anda bisa menanamnya didalam pot. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam cara menanam anggur dalam pot :


  • Pemilihan pot = setelah anda memiliki bibit maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pemilihan pot. Jika anda menggunakan anggur sebagai hiasan maka usahakan pot yang digunakan adalah pot semen, plastik, / pot tanah. Diameter dari pot harus lebar dan besar. Kebanyakan pot yang baik untuk digunakan budidaya anggur adalah pot tanah, karena memiliki pori-pori sehingga dapat menyerap air.
  • Media tanam = media yang cocok digunakan untuk budidaya anggur adalah pasir atau pupuk kandang. Pasir dapat ditembus dengan mudah oleh akar anggur. Campur dulu antara pasir dan pupuk kandang agar mendapatkan hasil yang bagus.
  • Cara menanam = masukan dulu pecahan bata atau pecahan genting ke dasar pot, lalu masukan media tanamnya tadi yaitu pasir yang sudah dicampur dengan pupuk kandang sampai hampir penuh. Di tengahnya buat lubang yang agak besar sedikit dari polybag. Masukan bibit lalu lepas polybagnya.

Jika anda melakukan cara menanam anggur diatas maka kemungkinan anda akan berhasil.

Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive