Cara Membuat Akuaponik Termudah dan simple

.
.
Mungkin masih ada diantara kita pengen banget berkebun aquaponics namun masih bingung gimana cara buatnya sebenarnya cara tersimple yang bisa kita buat adalah seperti gambar dibawah ini
e255a-aquaponics1
Dimana alat yang dibutuhkan adalah seperti gambar diatas pertama adalah kolam ikan, untuk kolam ikan bisa menggunakan kolam ikan, aquarium atau bahkan container plastik yang dijual di carefour atau giant seperti gambar di bawah ini.
Gambar Container 100L
Setelah kolam tersedia kemudian langkah selanjutnya adalah memilih tempat media tanam, tempat media tanam berupa wadah yang akan kita gunakan untuk tempat menaruh media tanam yang bisa berupa hydrotone, krikil, batu koral, pecahan batu bata, dll yang penting medianya poros (atau dapat mengalirkan air) tidak menggumpal karena dapat menghambat aliran air untuk sirkulasi air.
Contoh contoh media tempat menanam
batu koral:krikil gravel hydrotone koral koral pot
Langkah selanjutnya setelah tempat ikan dan tempat menanam sudah tersedia tinggal mengalirkan air dari kolam ikan ke media tanam, yang paling gampang adalah menggunakan pompa aquarium, pemilihan pompa aquarium biasanya menyesuaikan dengan setting tempat, namun paling gampang adalah pilihlah pompa dengan rate diatas 500L/jam dan pilih pompa submersible pump (pompa yang tenggelam) hal ini berguna apabila nanti kita ingin mengembangkan aquaponics system kita ke system yang lebih besar.
aquaponics water pump s 4500
Langkah selanjutnya tinggal mensetting pompa dan keluaran pompa sehingga air dari kolam ke grow bed (tempat kita menanam) dan kembali lagi ke kolam ikan. Untuk lebih jelasnya bisa melihat video setting aquaponics admin, system sederhana yang admin coba buat dirumah
Sumber : https://aquaponicsid.wordpress.com/2014/05/02/aquaponics-termudah/
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive