Betapa Indah dan Uniknya Sawah Berbentuk Sarang Laba - Laba

.
.




Nusa tenggara timur ternyata memiliki tempat wisata yang indah nan unik, tempat wisata ini tepatnya terdapat di cancar, manggarai , Nusa tenggara timur.  salah satu tempat wisatanya adalah sawah yang berbentuk menyerupai jaring laba – laba atau yang lebih dikenal sebagai spider web rice field bahkan menyerupai crop circle .
Tepatnya di daerah subur ruteng yang dikenal sebagai daerah lumbung padi Nusa tenggara timur. di ruteng ini terdapat pedesaan yang bernama Cancar yang juga menjadi area persawahan. ada yang unik dengan bentuk persawahan  yang terdapat di Cancar ini. yang menjadi daya tarik dari persawahan ini salah satunya berbentuk jaring laba – laba, selain itu lokasi persawahan di cancar ini dikelilingi oleh perbukitan, sehingga bagi wisatawan yang ingin melihatnya dari atas menjadi lebih mudah tinggal naik ke perbukitan.
Yang menjadi penyebab persawahan di cancar berbentuk jaring  laba – laba adalah tradisi turun – temurun dari leluhur masyarakat disana.  terkait dengan pembagian lahan persawahan yang disebut lingko. istilah lingko sendiri sebenarnya adalah pengertian dari tanah adat yang dimiliki bersama dan digunakan untuk mencukupi kebutuhan bersama.  Tanah adat ini dibagikan pada anggota mayarakat sesuai ketentuan adat.
Untuk pembagian lingko pertama – pertama dimulai dari pembagian tanah adat dengan cara menentukan titik pusat atau dalam istilahnya teno atau ledok. dimana titik pusat ini ditanam sebuah kayu khusus. dititik tersebut ditarik
garis menjauh, baru kemudian tanah tersebut dibagi-bagi.mengenai besar – kecilnya lahan ditentukan oleh kedudukan seseorang dikampung tersebut.

Sumber  : http://flashindo.com
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive