Tutorial Tanaman Hidroponik Dengan Botol Bekas

.
.
HIDROPONIK DENGAN BOTOL BEKAS -- Salah satu cara menanam tanaman modern adalah dengan sistem Hidroponik. Dengan budidaya tanaman sistem hidroponik memungkinkan Anda untuk menanam tanaman tanpa menggunakan tanah, dengan menggantikannya dengan cairan untuk memberikan mineral penting dan nutrisi lain yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Namun kendala yang selama ini dialami dalam menanam tanaman hidroponik adalah  sistem hidroponik canggih sering mahal dan memerlukan listrik untuk beroperasi. Namun kita bisa mengaplikasikan sistem pertanian hidroponik dengan menggunakan biaya yang murah dengan memanfaatkan bahan bekas, seperti bekas botol air mineral.

Sistem hidroponik dasar dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan umum seperti botol air. Prinsip yang sama dapat diterapkan untuk botol plastik yang lebih besar serta membuat sistem hidroponik untuk tanaman yang lebih besar.

Untuk bahan yang diperlukan dalam menanam tanaman hidroponik dengan botol bekas adalah botol air ineral bekas ukuran 1 liter/1,5 liter, media tanam berupa rockwool atau floral foam. Peralatan yang digunakan untuk menanam tanaman hidroponik dengan botol bekas adalah gunting, sumbu flanel, cutter, dan juga paku untuk melubangi botol air mineral.

Berikut ini adalah langkah-langkah menanam tanaman hidroponik menggunakan botol bekas air mineral :
1. Potong bagian atas botol dengan cutter pada titik di mana kurva dari atas memenuhi sisi lurus.
2. Putar bagian atas botol atas dan masukkan ke bagian bawah sehingga tutup di dalam botol. Tandai botol pada titik tengah tutupnya untuk memberikan menambahkan larutan nutrisi.
3.Tusukan paku untuk membuat lubang di tutup yang cukup besar untuk sepotong benang atau bahan sumbu lain untuk melewatinya.
4.Thread benang atau sumbu melalui lubang di tutup, memastikan bahwa itu cukup panjang untuk mencapai bagian bawah botol dengan setidaknya 1 atau 2 inci yang tersisa di bagian atas. Sumbu ini akan bertindak sebagai sistem pengiriman nutrisi untuk sistem hidroponik Anda.
5.Buang bagian atas botol dari bawah dan tuangkan larutan nutrisi hidroponik ke bagian bawah. Gunakan tanda sebelumnya Anda dibuat sebagai panduan, memastikan bahwa Anda tidak mengisinya begitu penuh bahwa itu akan menyentuh bagian atas setelah seluruh sistem dirakit.
6.Masukkan kembali bagian atas botol ke bawah, sehingga sumbu jatuh ke dalam larutan nutrisi. Mengamankan atas botol ke bawah menggunakan lakban atau tape tahan air lainnya.
7.Lembabkan beberapa perlit dengan larutan nutrisi dan tempat ke bagian atas botol. Thread sumbu melalui perlit sehingga akan menarik nutrisi dari bagian bawah botol ke bagian atas perlit penuh.
8.Tempatkan bibit kecil di perlit, memastikan bahwa semua akarnya ditutupi. Bibit akan menarik nutrisi dari perlit lembab, dan sebagai nutrisi yang diserap, larutan nutrisi tambahan akan disusun sumbu dari bagian bawah botol.
9.Lepaskan pita memegang bagian atas dan bawah dari botol bersama-sama untuk menghapus bagian atas dan menambahkan larutan nutrisi lebih ke bawah, seperti yang diperlukan. Setelah diisi ulang, mengamankan potongan lagi dengan pita tambahan.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive