Pangkas Pepaya Ala Bonsai

.
.

Pangkas Pepaya Ala Bonsai


pepaya












Pemangkasan pepayaCarica papaya ala bonsai tidak hanya meremajakan tanaman, tetapi juga untuk meningkatkan produktivitas. Tekniknya tidak sulit dengan memangkas di saat tepat.
Pepaya dapat dipelihara secara bonsai sejak awal penanaman. Bibit ditanam rapat berjarak 1,5 m x 1,5 m. Setelah mulai berbunga sekitar umur 4-5 bulan sejak tanam, pilih tanaman yang berbunga sempurna, yakni dalam satu bunga terdapat putik dan benangsari. Pembuangan tanaman jantan dan betina dilakukan sambil mengatur baris tanaman hingga berjarak 3 m x 3 m.
Setelah batangnya kuat dan tumbuh sehat, batang dipangkas setinggi 1 m. Bekas pangkasan di tutup kantong plastik agar tidak membusuk. Selanjutnya, tanaman diberi pupuk kandang 10 kg/pohon dan NPK 15-15-15 sebanyak 50 gram/pohon, serta siram terutama jika tidak hujan. Pemberian air itu berguna supaya penyerapan unsur hara mendorong munculnya tunas-tunas baru. Sejatinya pemangkasan ujung batang pada saat yang tepat mencegah dominansi tumbuh memanjang ke atas.
Sekitar 2-4 minggu pascapangkas, tunas-tunas mulai tumbuh sedikit di bawah bekas pemangkasan. Tunas-tunas yang muncul, biasanya sebanyak 2–4 tunas, dibiarkan tumbuh membesar maksimal 3 tunas yang sehat dan tidak terlalu rapat. Dengan cara itu tanaman pepaya menjadi pendek, bercabang, dan berbunga sempurna.
Setelah tunas samping tumbuh, tutup kantong plastik harus segera dibuka. Bila tidak dilakukan pertumbuhan tunas samping terganggu bahkan menjadi keriting. Selanjutnya untuk perawatan rutin lakukan pemupukan NPK setiap 3 bulan dan penyiraman yang cukup.
Setelah tanaman berbuah, pemberian pupuk NPK 15-15-15 sebanyak 50-100 gram/pohon dan hanya diberikan dua kali setahun. Supaya mudah mengingat, berikan pupuk menjelang musim hujan dan menjelang musim kemarau, atau menjelang berbunga raya dan setelah panen raya. Saat produktivitasnya mulai menurun cabang-cabangnya dipangkas dengan memotong 50 cm di atas dasar cabang dan diperlakukan seperti pada pemangkasan pertama.

Sumber :http://www.bebeja.com/pangkas-pepaya-ala-bonsai/


Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive