Cara Menanam Tomat Hidroponik Secara Sederhana

.
.
tomat hidroponik
 - cara menanam tomat hidroponik sederhana kali ini akan saya jabarkan secara ringkas mengenai cara menanam tomat hidroponik karena caranya hampir sama dengan cara mananam cabe hidroponik. 


Tomat merupakan tanaman buah yang sangat berguna untuk kita. Buah tomat mengandung banyak sekali vitamin C. Buah ini sangat dibutuhkan olah para ibu rumah tangga untuk bahan bumbu pelengkap masakan di rumah yang akan dihidangkan untuk keluarga. Selain itu buah tomat juga bisa dijadikan jus yang sangat menyegarkan dalam melepas dahaga kita. Tidak jarang harga buah tomat melambung tinggi dan turun drastis. Maka dari itu mari menanam buah tomat hidroponik di pekarangan kita.


semai bibit tomat hidroponik

Pertama-tama siapkan dulu bibit tomat yang baik. Anda bisa membuat sendiri bibitnya di cara persemaian dan pembibitan tomat. Yang perlu anda ingat adalah pemilihan biji yang baik, dan perawatan dari biji sampai tumbuh daun.

Langkah kedua adalah menyiapkan media tanam. Busa (Foam Floral), atau sekam hitam dan arang, pot kecil, wadah larutan nutrisi, dan larutan nutrisi beserta sumbu. 

Setelah semua media tanam tersedia, masukkan foam/busa ke dalam pot yang akan menjadi tempat penanaman bibit. Sebelumnya jangan lupa untuk melubangi pot tersebut dan pasang sumbunya di lubang tersebut sebagai media serapan nutrisi.

bibit tomat

Pindahkan bibit unggul ke pot tersebut. Hati-hati saat memindah bibit ini. Pastikan jangan sampai ada bagian yang patah, akar maupun daunnya. Rendam terlebihdahulu pada bagian akarnya agar bersih. Jepit/ tancapkan pada busa lalu tanamkan pada pot. Pastikan busa dan sumbu terhubung.

Isi wadah besar dengan larutan nutrisi dan tumpangkan pot ke atas wadah tersebut. Agar anda tidak bingung, lihatlah gambar yang saya sediakan.

hidroponik teknik wick

hidroponik teknik wick

hidroponik teknik wick

hidroponik teknik wick

Cara pemeliharaannya adalah dengan melakukan pengecekan terhadap larutan nutrisi dan periksa hama yang biasanya menempel pada daun. Buanglah daun yang busuk dan jangan sampai ada serangga atau ulat yang menempel pada pohon.

hidroponik teknik wick

tomat hidroponik

tomat hidroponik

tomat hidroponik

tomat hidroponik

Sekian cara menananm tomat hidroponik sederhana dari saya, semoga dapat membantu.

Sumber : serbahidroponik.blogspot.com
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive