Tips Praktis Membuat Taman Rumah Sendiri

.
.
MEMBUAT TAMAN RUMAH -- Rumah dan taman merupakan dua hal yang tidak terpisahkan. Taman rumah dengan aneka tanaman hias yang berwarna-warni menambah kesejukan dan keindahan sekitar rumah. Taman rumah yang membuat anda semakin kerasan berlama-lama berada di sekitar rumah. Tidak hanya itu taman indah di sekitar rumah juga akan membuat kualitas udara makin sehat dan bebas dari polusi udara. Namun  di antara kita sering bingung untuk membuat desain Taman Rumah Sendiri.

Membuat Desain taman rumah sendiri sebenarnya tidaklah sulit. Namun anda tetaplah harus meluangkan sedikit waktu untuk itu. Nah anda bisa mengimplementasikan desain taman rumah anda di saat waktu senggang dan libur. Keuntungannya anda bisa menghemat biaya untuk membuat taman rumah sendiri.

Langkah Membuat Taman Rumah Sendiri

Nah dalam membuat taman rumah sendiri, ada beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat taman ruman sendiri:
1. Memahami Ruang ruang yang tersedia untuk taman rumah
Kondisi serta Luas  lahan untuk taman akan mempengaruhi desain yang Anda rencanakan. Sebelum mendesain taman hias, pastikan Anda memahami ruang taman yang hendak ditamani tanaman hias. Misalnya saja Untuk ruang yang sempit, pilihlah tanaman yang tidak terlalu rindang dan tidak mudah berkembang banyak. Sebaliknya untuk ruang taman yang luas, sempatkan menanam pohon-pohon buah agar udara sejuk diperoleh dan manfaat buah dari pohon dapat dirasakan.

2. Menyesuaikan desain taman dengan warna cat bangunan.
Perhatikan suasana sekeliling rumah ketika Anda menginginkan desain taman hias yang tepat. Jika lahan sempit, gunakan cat yang cerah untuk memberikan kesan luas pada taman dan sekeliling rumah. Berbeda halnya dengan lahan yang luas, warna-warna cat yang sedikit gelap seperti abu-abu akan memberikan kesan tegas.

3. Menggunakan ornamen pendukung.
Taman hias yang cantik serta indah, akan terlihat lebih sempurna ketika Anda mendukungnya dengan ornamen seperti air mancur, ataupun ornamen lain berupa burung tiruan. Ornamen lain yang akan memberikan konsep maksimal adalah penggunaan benda yang bersifat horizontal maupun vertikal seperti halnya penggunaan paving, batu alam dan rumput golf sebagai lantai taman hias.

4. Memilih Jenis Tanaman Hias Yang Tepat untuk Taman Rumah
Memilih jenis tanaman hias yang hendak ditanam dan menjadi bagian dari taman adalah suatu yang penting dilakukan. Taman rumah  tidak boleh asal ditanam dengan sembarang jenis tanaman, namun perlu adanya tanaman-tanaman tertentu yang yang pas menghiasi rumah Anda dan memiliki manfaat lebih bagi kesehatan lingkungan maupun kesehatan pemilik taman. Tanaman hias yang cocok untuk taman rumah Anda adalah tanaman tipe formaldehida, tipe trikhloroetilena, dan tipe benzena. Ketiga tipe tanaman ini mampu memberi keindahan lebih pada rumah Anda dan pastinya mampu menyerap polusi udara.

Beberapa Jenis Tanaman Hias yang bisa anda jadikan dasar untuk membuat Desain Taman rumah adalah sebagai berikut :
1. Bunga matahari, tanaman ini dengan kelopak bunga berwarna seperti matahari, kuning kemerahan dengan sedikit lingkaran hitam di tengah
2. Bunga Mawar, salah satu jenis tanaman bunga yang sangat populer, karena perawatan yang tidak terlalu susah.
3. Tanaman Hias Iris, tanaman ini bunganya berwarna kuning dengan kelir daun hijau berbentuk seperti pita. Tanaman ini dapat digunakan sebagai pembatas dan bisa juga sebagai pengisi taman minimalis
4. Tanaman Marigoldtanaman hias ini mempunyai kombinasi warna kuning, oranye, merah dan warna lainnya.
5. Bunga morning glory, jenis tanaman ini mempunyai daun berbentuk hati dan mempunyai variasi warna diantaranya pink, biru, merah dan putih.
6. Melati air, berbunga putih seperti melati, tertata pada tangkai bunga yang panjang. Permukaan dari bunga ini kasar dengan daun yang lebar. Jenis tanaman ini tidak hanya sesuai ditanam seperti konsep  namun juga dapat ditaruh di pot-pot.

Itulah beberapa tips membuat Taman Rumah sendiri.

Sumber : tatakebun.blogspot.com

Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive