Nih, Cara Menanam Zodia di Dalam Pot!

.
.
cara-menanam-zodia-di-dalam-pot.jpg

Zodia
Bagaimana cara menanam zodia di dalam pot? Akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia semakin banyak yang tertarik menanam zodia di pekarangan rumahnya. Selain karena indah, zodia juga berkhasiat sama dengan lavender, yakni sebagai tanaman pengusir nyamuk. Itu sebabnya, mayoritas pencinta tanaman memelihara zodia di dalam pot supaya mudah dipindah-pindahkan.
Zodia adalah tanaman perdu yang memiliki daun pipih memanjang berwarna hijau kekuningan sampai hijau pekat. Saat daun-daun tersebut bergesekan tertiup angin, daun dari tanaman asal Papua ini akan mengeluarkan bau khas yang sangat dibenci nyamuk. Berdasarkan analisa oleh BALITRO (Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat) menggunakan gas kromatografi, minyak zodia memiliki kandungan berupa linalool 46% dan alpha-pinene 13,26%. Hal ini memungkinkan daun zodia bersifat antinyamuk dengan tingkat mencapai 70% selama 6 jam.
Bagaimana cara menanam zodia di dalam pot? Berikut ini panduannya dari kami!
Alat dan Bahan :
  • Bibit zodia
  • Pot
  • Tanah
  • Pupuk kandang
  • Pecahan genteng
  • Air
Langkah-langkah :
  1. Bibit zodia berupa tanaman kecil yang berukuran 10-15 cm. Bibit ini bisa didapatkan di toko pertanian terdekat dengan harga sekitar Rp7 ribu/buah.
  2. Siapkan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Aduk media tanam tersebut sampai komposisinya tercampur rata.
  3. Masukkan pecahan genteng ke dalam pot sebagai alas media tanam. Kemudian isi pot memakai tanah sampai memenuhi sepertiga dari volume pot.
  4. Lepaskan bibit zodia dari polybag, lalu letakkan di pot. Isi kembali pot menggunakan media tanam yang sudah diolah hingga memenuhi volume pot.
  5. Zodia menyukai sinar matahari langsung agar bisa tumbuh normal. Oleh karena itu, letakkan tanaman ini di tempat yang disinari matahari dan bersirkulasi udara baik.
  6. Pola penyiraman zodia dapat dilakukan dengan frekuensi dua kali sehari atau sesuai dengan kondisi media tanam. Zodia cukup disiram seperlunya saja agar media tanam tidak terlalu kering.
  7. Zodia yang sudah berusia dewasa bisa dikembangbiakan secara vegetatif melalui stek batang agar keampuhannya dalam mengusir nyamuk lebih handal.




Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive