Begini Cara Membuat Kolam Tanah untuk Ikan Lele!

.
.
cara-membuat-kolam-ikan-lele.jpg

Kolam Ikan Lele



Bagaimana cara membuat kolam tanah untuk ikan lele? Ikan lele adalah salah satu ikan air tawar yang mudah dibudidayakan. Daya tahan ikan ini sangat tinggi dan gampang sekali beradaptasi dengan lingkungan barunya. Pun permintaan pasar terhadap ikan lele terus mengalami peningkatan. Inilah yang membuat para pembudidaya ikan berlomba-lomba memelihara ikan berkumis ini.
Langkah awal dari budidaya ikan lele adalah membuat kolam pemeliharaan. Kolam ikan lele biasanya berupa kolam tanah yang sudah dipersiapkan sedemikian rupa agar ideal dihuni oleh ikan lele. Tidak perlu khawatir air merembes masuk ke dalam tanah dan kolam pun menjadi kering. Pori-pori tanah yang terbiasa dipenuhi air akan lebih lembut dan menutup dengan sendirinya sehingga kolam tetap bisa digunakan tanpa perlu memberikan alas berupa terpal maupun beton.
Bagaimana cara membuat kolam ikan lele? Berikut ini langkah-langkah panduannya dari kami!
Langkah 1 : Penggalian
Kolam tanah dibuat dengan menggali tanah menggunakan cangkul. Ukuran kolam yang dipakai menyesuaikan kebutuhan, misalnya 2 x 1 x 1 meter atau 3 x 2 x 1 meter dengan bentuk kotak. Buat beberapa buah kolam tanah sesuai dengan jumlah bibit ikan lele yang akan dibudidayakan.
Langkah 2 : Pengeringan
Setelah kolam tanah selesai dibuat, jangan langsung pakai kolam tersebut karena kondisinya masih dipenuhi oleh bakteri. Keringkan kolam ikan lele selama 7-14 hari untuk membunuh mikro organisme yang hidup di dalamnya. Biarkan permukaan di galian tanah terlihat retak-retak dan gersang. Disarankan juga untuk membalikkan tanah guna membuang gas-gas beracun yang tertimbun di dalamnya.
Langkah 3 : Pengapuran
Biasanya kadar keasaman tanah yang baru saja digali adalah berada di bawah pH 7 alias bersifat asam. Oleh karena itu, anda perlu mengapur kolam tersebut untuk menaikkan kadar keasamannya menjadi normal sehingga layak dihuni ikan lele. Anda bisa menggunakan kapur pertanian jenis dolomit atau tohor. Taburkan kapur ini dengan dosis 500-750 gram per meter persegi atau sesuai dengan anjuran di kemasan. Biarkan kolam selama 3-5 hari supaya kapur terserap ke dalam tanah.
Langkah 4 : Pemupukan
Setelah bakal kolam benar-benar bersih, anda bisa menumbuhkan biota air. Biota-biota ini berguna sebagai pakan alami ikan lele. Caranya yaitu dengan menaburkan campuran pupuk kandang, TSP, dan urea sebanyak 250-500/m2 atau sesuai anjuran pada kemasan. Taburkan pupuk ini secara merata ke seluruh sudut kolam.
Tahap 5 : Pengisian
Setelah semua persiapan kolam beres, kini saatnya anda mengisi kolam tersebut memakai air bersih. Pengisian air kolam ini dibagi menjadi dua tahap dengan tujuan untuk mengembangbiakan biota air dan memasukkan ikan lele. Tahap pertama dilakukan dengan mengisi air kolam setinggi 30-40 cm dan biarkan selama seminggu agar biota di dalamnya tumbuh subur. Setelah itu, kolam diisi air kembali sampai mendekati batas ketinggiannya. Diamkan air kolam selama seharian penuh dan keesokan harinya bibit-bibit ikan lele pun siap dirilis.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive