Loading...

Caran Membuat Pakan Ternak Sapi STRAWMIX

Sponsored Links
.
Loading...
MEMBUAT STRAWMIX

Hijauan merupakan sumber pakan utama untuk ternak ruminansia (sapi, kerbau, kambing dan domba). Untuk meningkatkan produksi diperlukan penyediaan hijauan pakan yang cukup baik kuantitas, kualitas maupun kontinuitasnya. 
Hijauan pakan ternak yang umum diberikan untuk ternak ruminansia adalah rumput-rumputan yang berasal dari padang penggembalaan atau kebun rumput, tegalan, pematang serta pinggiran jalan. Sedangkan faktor penghambat penyediaan ini adalah karena adanya perubahan fungsi lahan dimana menjadi lahan pemukiman, lahan tanaman pangan dan tanaman industri. Sumberdaya alam untuk peternakan berupa padang penggembalaan di Indonesia semakin berkurang. Secara umum ketersediaan hijauan pakan ternak juga dipengaruhi oleh iklim, sehingga pada musim kemarau terjadi kekurangan hijauan pakan ternak dan sebaliknya di musim hujan jumlahnya melimpah.
Adapun solusinya adalah pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan ternak. Jenis limbah pertanian sebagai sumber pakan ternak adalah jerami padi, jerami jagung, jerami kedelai, jerami kacang tanah, pucuk ubi kayu dan jerami ubi jalar. Penggunaan jerami padi sebagai pakan ternak mengalami kendala terutama disebabkan adanya faktor pembatas dengan nilai nutrisi yang rendah karena kandungan protein rendah sekitar 3-5%, serat kasar tinggi serta kecernaan rendah karena mengandung lignin 6-7 % dan silikat 13%, sehingga perlu diolah lebih lanjut untuk meningkatkan protein dan daya cernanya.
Dengan membuat straw mix yang bahan dasarnya adalah jerami dengan menambahkan bekatul dan molasses sehingga berguna untuk membantu menaikkan kadar protein bahan pakan, meningkatkan konsumsi pakan dan merangsang nafsu makan ternak.

Gambar : Pemberian straw mix pada sapi



CARA MEMBUAT STRAW MIX
Bahan :
1.Jerami kering 3 kg
2.Bekatul 1 kg
3.Molases 1 liter
4.Air secukupnya

Alat yang digunakan :
1 Timbangan
2.Parang
3.Ember
4.Alas plastic

Cara membuat :
1.Menimbang semua bahan yang diperlukan
2.Jerami di campur dengan bekatul kemudian dipercikkan molasses yang sudah di campur dengan air secukupnya, diaduk sampai rata.
3.Straw mix sudah jadi dan siap diberikan kepada ternak

Langkah kerja pembuatan straw mix




Sumber : http://www.bppjambi.info/?page=4


DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2008. Potensi Jerami Untuk Pakan Ternak. Dalam:http://pustaka.litbang.deptan.go.id/bppi/lengkap/Grtl08jerami.pdf

Anonim. 2011. Pengolahan Bahan Pakan Ternak. Dalam:http://ditjennak.deptan.go.id/berita-257-pengolahan-bahan-pakan-ternak.html

http://permintop.wordpress.com/category/pengolahan-pakan-jerami/

Sasongko WR dan Farida, SM. 2012. Pemanfaatan Jerami Sebagai Sumber Pakan Potensia. Dalam:http://ntb.litbang.depta.go.id/ind/index.php?option=com content&view=article&id=572:pemanfaatan-jerami-sebagai-pakan-potensial&catid=49:info-teknologi&itemid=81.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter