Loading...

Cara Membuat Pupuk Dari Bahan Murah Meriah Di Sekitar Kita

Sponsored Links
.
Loading...
MEMBUAT PUPUK DARI BAHAN DI SEKITAR KITA -- Sahabat berkebun, dalam aktivitas berkebun dan menanam tanaman pupuk adalah hal yang sangat penting. Karena pupuk merupakan nutrisi utama untuk tumbuh dan berkembangnya tanaman di kebun kita. Namun kadang memberikan pupuk untuk tanaman di kebun kita terkadang sering diabaikan. Banyak alasan kenapa kita malas memberikan pupuk untuk tanaman di kebun kita, salah satunya adalah tidak tahu harus membeli pupuk dimana. Atau bahkan ada pandangan tanaman cukup disiram toh akan hidup.

Bagi sahabat berkebun yang kebingungan mencari dimana tempat memperoleh pupuk untuk tanaman kebun, tidak usah bingung. Kita bisa membuat pupuk dari bahan yang ada di sekitar kita. Seperti kita tahu bahan di sekitar kita sangat banyak, misalnya saja sisa sayuran untuk memasak, sisa makanan dan lain sebagainya. Jika sahabat kebun mau maka bahan-bahan itu bisa dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman di kebun.

Cara Membuat Pupuk Dari Bahan Di Sekitar Kita

Berikut ini adalah bahan-bahan di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan sebagai pupuk pada tanaman. Akan dijelaskan juga bagaimana cara membuat pupuk dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita tersebut. Simak Cara Membuat Pupuk Dengan Bahan Di sekitar kita.

1. Membuat Pupuk  Dengan Air Cucian Beras

Melalui penelitian yang dilakukan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Yayu Siti Nurhasanah, ditemukan bahwa kandungan dalam air cucian beras berguna sebagai penyubur tanaman. Air cucian beras merupakan media alternatif pembawa bakteri Pseudomonas fluorescens. Bakteri tersebut adalah mikroba yang berperan dalam pengendalian petogen penyebab penyakit karat dan memicu pertumbuhan tanaman.

Air cucian beras memiliki kandungan nutrisi yang melimpah di antaranya karbohidrat berupa pati sebesar 85-90 persen, protein glutein, selulosa, hemiselulosa, gula, dan vitamin yang tinggi (sumber: http://kampus.okezone.com). Berdasarkan pengalaman, air cucian beras lebih baik disiramkan ke media tumbuh tanaman (tanah), dan tidak mengenai batang tanaman, karena akan mengakibatkan bercak putih pada batang tanaman yang terkena air cucian beras.

2. Bubuk Kayu Manis

Bubuk kayu manis dapat dipergunakan sebagai pengganti hormon pertumbuhan akar. Caranya yakni dengan membalurkan bagian tanaman yang akan ditanamn dengan bubuk kayu manis untuk beberapa saat. Lalu tanaman tersebut dio tanam seperti biasa. Dalam b eberapa hari akan terlihat tunas-tunas daun muda yang muncul sebagai tanda tanaman baru tersebut berhasil tumbuh. Cara ini telah saya praktekkan pada anakan pohon salam yang saya pindahkan dan berhasil tumbuh.

3. Air darah cucian ikan, dan daging (ayam, sapi, kambing, dll)

Air darah cucian hewan yang mengandung unsur Nitrogen (N), Phospor, (P) dan Kalium, sangat bermanfaat untuk tumbuhan. Berdasarkan pengalaman, tumbuhan yang rutin di siram air darah cucian hewan minimal seminggu sekali, akan menjadi lebih subur dan cepat berbunga dan berbuah.

4. Kulit buah pisang

Kulit buah pisang yang dikeringkan, kemudian dipotong-potong dan diletakkan di sekitar media tanam, kaya akan Kalium. Itu sebabnya, tanaman yang diberi kulit pisang kering, akan mudah berbunga dan berbuah. Hal ini berhasil saya terapkan pada tanaman Melati Malaysia. Tanaman yang sudah setahun tak berbunga beberapa hari yang lalu mengeluarkan bunganya yang wangi semerbak.

5. Kulit kacang tanah.

Kalau suka makan kacang kulit, jangan buang kulitnya begitu saja. Letakkan kulit kacang pada media tanam. Selain mengusir gulma, kulit kacang tanah kaya akan nitrogen yang berfungsi menyuburkan tanah (sumber: tayangan di DAII TV)

6. Cangkang telur dan air rebusan telur.

Cangkang telur dan air rebusannya kaya akan protein. Tanaman yang media tanamnya dicampur dengan remahan cangkang telur, menyediakan unsur hara yang sangat berguna untuk pertumbuhan tanaman. Begitu pula air rebusan telur.


7. Rendaman kulit bawang merah

Bawang merah dalam dunia tanaman dikenal mengandung hormon Auxin yang dapat merangsang pertumbuhan akar pada bahan stek, dan cangkok. Rendaman kulit bawang atau umbi bawang yang sudah tidak bisa digunakan sebagai bumbu dan dibiarkan semalam, akan membuat tanaman yang baru ditanam dengan cara stek dan cangkok cepat keluar akarnya dan tumbuh subur.

8. Sisa-sisa sayuran dan olahan makanan

Untuk ini perlu dilakukan pengomposan terlebih dahulu sebelum digunakan. Pengomposan bisa secara alami tanpa menambahkan dekomposer atau juga bisa memanfaatkan zat-zat dekomposer yang ada dijual dipasaran.

Nah Sahabat berkebun, itulah beberapa bahan di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman. Cara membuat pupuk tanaman dari bahan di sekitar kita juga cukup mudah. Membuat pupuk dengan bahan disekitar kita selain mudah dan  murah juga menjaga lingkungan tetap bersih dari sampah. Selain itu tanaman di kebun juga tumbuh subur dan menyenangkan.(#ayoberkebun).

Sumber : tatakebunblogspot.com
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter