8 Manfaat MSG Ajinomoto Untuk Tanaman

.
.
8 Manfaat MSG Ajinomoto Untuk Tanaman - Ajinomoto ? pasti kalian semua tau kan produk yang satu ini,  Bohong apabila anda tidak mempunya bahan ini di dapur rumah kalian.

Komposisi MSG Ajinomoto
Ajinomoto ini merupakan suatu brand merk dari MSG (Monosodium Glutamat). MSG merupakan suatu senyawa kimia yang memiliki bentuk Kristal, yang merupakan jenis garam natrium/sodium yang terbuat dari asam glutamate. Pada dasarnya MSG memiliki banyak kandungan mineral, dan tidak berbahaya bila dikonsumsi setiap hari namun dengan takaran yang pas dan tidak berlebihan tentunya.

Copyright Foto by id.aliexpress.com

Ajinomoto MSG ini tidak memiliki rasa saat kita mencobanya secara langsung, . Bahkan rasanya cenderung pahit daripada asin, meskipun memiliki kandungan garam dan gula. Namun pada umumnya, MSG digunakan sebagai bumbu penyedap masakan, karena dapat bereaksi pada berbagai macam rasa dan juga dapat memperkuat rasa  itu sendiri dari suatu masakan. Lalu apa kaitan MSG ajinomoto ini dengan tanaman ya ??

Manfaat MSG Ajinomoto untuk tanaman

1. Menyuburkan tanaman

Manfaat pertama dari MSG ajinomoto untuk tanaman yaitu dapat menambah kesuburan pada tanaman. Kandungan unsur atrium yang tinggi yang tekandung didalam MSG ajinomoto ini dapat mempengaruhi tingkat kesuburan tanaman tersebut. Dengan menyiram tanaman menggunakan larutan MSG dengan air secara teratur, maka tingkat kesuburan tanaman akan menjadi lebih baik lagi, yang ditandai dengan :

  1. Daun yang lebih hijau
  2. Daun tanaman yang lebat, dan
  3. Tanaman menjadi lebih sehat


2. Mempercepat pertumbuhan tanaman
Manfaat lain dari kandungan natrium yang terkandung pada ajinomoto MSG ini adalah untuk mempercepat proses pertumbnuhan tanaman. Manfaat ajinomoto untuk tanaman yaitu membuat proses pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat, daun menjadi lebih cepat menghijau, dan batang tanaman yang menjadi lebih cepat besar dan berkembang.

3. Mempercepat munculnya bunga
Selain dapat mempercepat pertumbuhan dari tanaman, MSG ajinomoto juga dapat mempercepat proses partumbuhan bunga pada tanaman tersebut. Proses ini diyakini tidak berdampak buruk, karena bunga yang muncul, namun warna dan bentuk dari bunga yang muncul tidak berubah.

4. Memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman
Tidak hanya kita manusia dan hewan, tanaman juga ternyata membutuhkan nutrisi yang lengkap untuk dapat bertahan hidup. Biasanya nutrisi untuk tanaman diperoleh dari pupuk-pupuk yang sering kita gunakan. Namun demikian ada kalanya harga pupuk yang sedikit kurang bersahabat, sehingga membuat proses pemeberian makanan atau pemupukan menjadi sedikit terkendala. Sehingga untuk mengatasi hal ini maka anda bisa menggantikan pupuk kimia tersebut dengan menyiramkan tanaman tersebut dengan larutan MSG. Siramkanlah larutan air MSG ajinomoto ini  ke tanaman kesayangan anda agar mereka bisa tumbuh subur dan asupan nutrisinya terpenuhi dengan baik.

5. Tanaman menjadi lebih sehat dan tidak mudah mati
Dengan terpenuhinya kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tanaman anda, maka sudah pasti tanaman akan dapat tumbuh dengan baik dan subur. Apabila tanaman dapat tumbuh dengan baik dan subur, maka hal ini juga akan mengurangi resiko kamatian pada tanaman kesayangan anda tersebut.

6. Dapat Menghindari tanaman dari pupuk kimia yang berbahaya
Memanfaatkan ajinomoto untuk tanaman yaitu dapat menghindari tanaman dari kandungan bahan kimia yang berbahaya yang terkandung pada pupuk tanaman.Dengan tidak menggunakan Bahan-bahan kimia yang berasal dari pupuk maka dapat menghindari kerusakan tanah, sehingga tanah yang rusak maka akan mengakibatkan tanaman juga tidak sehat.

7. Meningkatkan jumlah kadar air saat musim panas
Natrium yang terkandung pada MSG ajinomoto ternyata memiliki manfaat lain, yaitu dapat mencegah terjadinya resistensi air (kekurangan air) terutama pada saat musim panas/ musim kering.

8. MSG sebagai pupuk tanaman
Selain dapat digunakan sebagai larutan untuk menyiram tanaman, MSG ajinomoto juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk pengganti pupuk kimia yang ada di pasaran lo ternyata. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pupuk tanaman yang menggunakan MSG ajinomoto ini memiliki tingkat kesuburan dan pertumbuhan yang lebih baik pada minggu ke tiga dan minggu ke empat jika dibandingkan dengan tanaman yang menggunakan pupuk kimia biasa yang dijual dipasaran.

 MSG sebagai pupuk tanaman Ternyata didukung oleh kandungan MSG ajinomoto yang terdiri dari kandungan senyawa C, H, O, N, dan juga Na. kelima unsur senyawa yang terkandung dalam MSG ajinomoto ini merupakan lima unsur senyawa yang sangat diperlukan sebagai nutrisi dalam perkembangan tanaman. Kelima unsur tersebut, terutama unsur N yang memiliki manfaat yang sanagt baik untuk :
  1. Merangsang pertumbuhan bagian tanaman, seperti batang, cabang dan daun
  2. Proses pembentukan protein dan juga  lemak, yang dibutuhkan tanaman dalam melakukan proses pertumbuhannya.


CATATAN:
Jangan gunakan MSG ajinomoto ini pada tanaman buah
Meskipun memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk tanaman, namun ternyata ada pantangan yang harus anda taati dalam pemanfaatan MSG ajinomoto untuk tanaman anda. Namun perlu diperhatikan bahwa, larutan MSG ajinomoto ini tidak disarankan untuk diaplikasikan pada tanaman buah. Karen hal ini akan menyebabkan hasil buah – buahan memiliki rasa yang kurang segar yang di karenakan tanaman buah merupakan tumbuhan yang membutuhkan nutrisi yang jauh  lebih banyak dibandingkan tanaman biasa.


sekian artikel mengenai manfaat Ajinomoto pada tanaman, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive