Membuat Tabungan Pupuk Kompos Untuk Masa Depan

.
.
Mau punya tabungan gudang kompos untuk masa depan ?? Tidak susah kok, asalkan mau sedikit usaha dan belajar aja. Yuk simak tipsnya dibawah ini:

Di dapur selain dapat memproduksi makanan kita sehari-hari, ternyata juga dapat memproduksi sampah yang jumlahnya tidak sedikit. Dari dapur akan diproduksi sampah-sampah berupa potongan akar-akar sayuran, kulit buah-buahan atau umbi-umbian dan lain sebagainya. Namun untuk membersihkan itu kita selalu membuangnya di tempat sampah bukan.

Tapi setelah membaca artikel ini, Mulai sekarang belajarlah menghentikan kebiasaan itu, jika anda hanya membuangnya ke tempat sampah maka anda hanya akan selalu menambah jumlah sampah saja, sehingga akan membuat lingkungan anda tidak sehat karena aroma yang ditimbulkan akibat sampah tersebut. Jadi apa yang bisa kita lakukan ??



Yang perlu anda lakukan adalah cukup memilah sampah organik dan non organik, sampah organik ini berupa sayuran bekas, kulit buah, nasi basi, dan lain-lain sebagainya dapat anda jadikan tabungan kompos untuk masa depan. Gimana caranya ?? Mudah kok, yuk simak langkah2nya.

Setelah dipilah-pilah organik dan non organik maka anda dapat memasukkan sampah organik di dalam tanah. Buatlah lubang yang cukup dalam untuk menampung sampah-sanpah organik yang telah terkumpul tersebut. Masukkan sampah itu kedalam lubang kemudian tutuk dengan papan dan lapis lagi dengan tanah. Untuk hasil yang lebih efektif maka anda bisa juga bisa menambahkan EM4 sebagai pengurai, EM4 ini berfungsi untuk membantu proses penguraian bahan-bahan organik agar cepat menjadi kompos. sehingga sampah2 fapur tersebut dapat terurai lebih cepat nantinya.

Dengan menggunakan cara ini maka anda tidak akan mencium lagi busuknya sampah tadi karena  sampah anda sudah berada didalam tanah. Anda dapat mengungi jumlah sampah rumah tangga, dan anda juga berpartisipasi dalam proses penyuburan tanah untuk masa depan.

Sumber : dari berbagai macam sumber

Sponsored Links
loading...
Loading...
.