Loading...

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Limbah Batang Pisang

Sponsored Links
.
Loading...
Batang pisang atau yang biasa disebut dengan gedebok pisang, memang begitu banyak dan mudah ditemui di sekitar kita. Apalagi pohon pisang ini memang hanya berbuah sekali dan setelah itu dia akan mati dengan sendirinya. Daripada teronggok menjadi sampah dan menunggu terurai sebagai kompos, maka lebih baik digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk cair organik yuk.




 Cara pembuatannya mudah dan gampang kok, Namun lebih jelasnya saya uraikan kembali di bawah ini:

Bahan-Bahan pembuatan Pupuk Cair Organik dari Batang pisang
1.       1 kg batang pisang, pilih yang bagian dalam yang berwarna putih.
2.       sebanyak 200 gr gula pasir, (bisa diganti dengan gula aren), molases atau tetes tebu
3.       3 liter air tanah
4.       Tong atau ember yang mempunyai tutup
5.       Karung bekas
6.       Bila Perlu tambahkan EM4 ( effectife Microorganism) 5-10 ml/ satu tutup wadah EM4

Cara Membuat:

  1. Cincang batang pisang menjadi potongan kecil-kecil. kemudian Masukkan dalam wadah karung bekas.
  2. Campurkan air dengan gula didalam ember atau tong sampai gula menjadi larut. kemudian Masukkan karung berisi cacahan batang pisang ke dalamnya, sampai bagian karung tenggelam. Tutup rapat tong/ember tersebut. dan kemudian Letakkan di tempat yang tidak terkena matahari langsung.
  3. Biarkan sekitar 7-10 hari. Jangan lupa untuk membuka tongnya setiap hari untuk mengeluarkan gas yang terbentuk dari proses tersebut, yaitu dengan cara mengaduknya dan kemudian wadah ditutup kembali dengan rapat.
  4. Dalam kurun waktu 7-10 hari, pupuk cair sudah jadi dan siap digunakan. Tanda-tandanya jika pupuk cair organik kita berhasil adalah adanya bau seperti aroma tape pada wadah tersebut. dan Bila bau busuk yang tercium (seperti bau got), berarti proses pembuatan pupuk cair organik kita gagal, dan cairan tersebut harus dibuang karena proses fermentasi tidak berjalan.
  5. Angkat karung yang berisi cacahan batang pisang tadi. dan Bekas cacahan batang pisang ini bisa digunakan sebagai pupuk kompos. Sedangkan air yang dalam ember inilah yang menjadi pupuk organik cair organik.


Cara Pemakaiannya Yaitu dengan mencampur larutan tersebut dengan air tanah/sumur. Perbandingannya 1:15, artinya satu bagian dari pupuk cair organik dilarutkan dengan 15 bagian dari air tanah. Gunakanlah pupuk cair organik batang pisang ini dua kali dalam seminggu. dan Siramkanlah di tanah sekitar tanaman anda.

Sumber : abyspacetion.blog
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter