Panduan Lengkap Cara Merawat Tanaman Hias Yang Indah

Sponsored Links
cara-merawat-tanaman-hias
CARA MERAWAT TANAMAN HIAS -- Tanaman hias merupakan elemen penting untuk membuat rumah menjadi lebih asri dan segar. Banyak orang tergiur membeli tanaman hias yang menawan di toko bunga untuk dipajang di rumah. Namun sayang setelah beberapa saat tanaman hias yang semula indah menjadi tidak indah lagi bahkan mati. Ini kerap terjadi lantaran si pemilik tidak tahu cara merawat tanaman hias, dipikirnya tanaman akan indah selamanya. Berbeda dengan si penjual tanaman hias, mereka tahu cara merawat tanaman hias yang dijual, sehingga selalu tampak indah.

Merawat Tanaman hias memerlukan, kesabaran dan ketelatenan. Hal tersebut merupakan syarat wajib yang harus dimiliki jika ingin sukses dalam menjaga dan merawat tanaman hias koleksi anda. Pengetahuan mendasar mengenai cara merawat tanaman juga tidak kalah penting apalagi jika tanaman yang anda miliki termasuk tanaman dengan harga yang cukup mahal.  Berikut ini akan diuraikan sekelumit Cara Merawat Tanaman Hias di rumah anda.

Cara Merawat Tanaman Hias

Ada beberapa langkah penting yang perlu dilakukan dalam hal Merawat Tanaman Hias di rumah anda. Berikut Langkah Merawat Tanaman Hias :
1. Penyiraman Tanaman Hias
Hal penting dalam nerawat tanaman hias adalah penyiraman. Seperti diketahui bahwa air merupakan kebutuhan paling mendasar bagi semua mahluk hidup tidak terkecuali tanaman hias di rumah anda. Oleh karena itu, penyiraman merupakan bagian terpenting dalam merawat tanaman.

Agar proses penyiraman baik dan benar, anda perlu memperhatikan beberapa aspek seperti jenis tanaman, media tanam, dan cuaca. Jika tanaman anda berada di area taman rumah yang terbuka, mungkin ada tidak perlu menyiram tanaman anda ketika musim hujan.

Namun, jika tanaman hias anda ditaman pada media pot dan ditempatkan di ruang beratap, anda pasti perlu menyiramnya dengan intensitas yang dapat disesuaikan bergantung pada kondisi cuaca. Pada musim kemarau, anda dapat menyiraminya dua kali sehari, sedangkan pada musim hujan, anda dapat menyirami tanaman hias anda satu kali sehari atau bahkan dua hari sekali saja.

2. Pemupukan Tanaman Hias

Pupuk merupakan nutrisi penting dalam kelangsungan hidup tanaman hias. Merawat Tanaman hias tidak bisa lepas dari proses pemupukan. Untuk tanaman hias indoor, pupuk yang diberikan sebagai sumber hara bagi tanaman sama seperti tanaman hias lainnya yaitu pupuk organik dan anorganik. Pupuk organik seperti humus, kompos, clan pupuk kandang, merupakan pupuk dasar yang dicampurkan ke dalam tanah atau media tanam pada saat tanaman ditempatkan ke dalam pot.

Fungsinya untuk memperbaiki struktur media tanam. Pupuk anorganik seperti campuran urea, TSP, dan KCI, atau NPK, diberikan secara berkala, misalnya 2-4 bulan sekali setelah tanaman tumbuh kuat. Pupuk dilarutkan dulu dengan air, lalu disiramkan pada media tanam

3. Pemangkasan
Tanaman hias sebagaimana halnya makhluk hidup tumbuh dan berkembang. Terkadang daun dan dahan tumbuh dengan tidak beraturan sehingga perlu dikontrol. Demi menjaga keindahan dan kerapian tanaman hias anda, anda perlu melakukan pemangkasan sebagai langkah perawatan tanaman hias anda.
 Tentu saja pemangkasan hanya berlaku pada tanaman hias tertentu seperti mawar dan serut yang kita kenal memiliki daun yang cukup lebat dan menjadi kurang indah jika daun daun tersebut kita biarkan tumbuh secara liar. Gunakan gunting tanaman yang tajam untuk hasil yang maksimal. Merawat Tanaman hias dengan pemangkasan penting juga dilakukan untuk dahan-dahan yang sudah mati sehingga tidak mengganggu keindahan.

4. Pembersihan Gulma
Tamu tak diundang seringkali tumbuh dan merusak keindahan tanaman hias anda. Pembersihan gulma yang tumbuh liar seperti rumput di sekitar tanaman hias anda merupakan salah satu kunci merawat tanaman agar tetap terlihat indah.

5. Penggantian Pot
Biasanya Tanaman hias ditanamn dalam media pot, Jika tanaman hias anda tanam pada media pot, anda perlu mengganti pot yang lama dengan yang baru seiring dengan terus tumbuhnya tanaman anda. Jika ukuran pot masih mencukupi untuk tanaman anda, anda perlu merawat tanaman hias  dengan mengganti medi yang baru.

Proses ini akan terasa lebih mudah jika pot anda terbuat dari bahan yang mudah pecah seperti pot tanah liat. Anda hanya perlu memecahkan pot yang lama dan menggantikannya dengan pot yang baru. Selain menganti pot lama dengan yang baru, anda juga dapat memindahkan tanaman dari pot lama ke tanah sesuai dengan kebutuhan anda.

Itulah beberapa Cara Merawat Tanaman hias di rumah anda. Selain dengan berbagai cara teknis merawat tanaman hias di atas, anda membutuhkan ketelatenan dan kesabaran  dalam menjalaninya. Selain itu anda harus merawat tanaman hias dengan penuh perhatian dan hati yang senang, seolah-olah anda merawat tubuh anda sendiri atau anak sendiri. Jika ini anda lakukan maka tanaman hias akan tumbuh dengan baik dan menyenangkan. Selamat berkebun.

Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive