Inilah 3 Penyebab Daun Keriting Pada Tanaman Cabe

Sponsored Links
Cabe merupakan salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat karena memiliki manfaat yang banyak. Salah satu manfaat cabe adalah untuk menambah rasa pedas pada masakan. Untuk manfaat lain, bagi petani cabe bahwa menanam cabe adalah supaya mereka mendapatkan keuntungan. Apalagi melihat harga cabe sekarang yang sangat mahal, sehingga kemungkinan besar para petani cabe akan menuai hasil yang berlipat ganda. Tapi itu semua jika tanaman cabe yang mereka budidayakan berhasil dan tidak gagal. Namun kebanyakan petani cabe mengalami kegagalan dan kerugian akibat tanaman cabe mereka mengalami keriting pada daun cabe yang membuat pertumbuhan cabe menjadi tidak maksimal. Dengan daun yang keriting tersebut, tentu buah cabe juga tidak akan bisa berkembang dengan baik, kerdil dan bahkan tidak mau berbuah.
Image result for daun cabe keriting
Lantas apa penyebab daun cabe menjadi keriting dan membuat petani gagal panen? Adapun penyebab keriting daun cabe antara lain adalah karena serangan hama dan penyakit. Hama dan penyakit merupakan salah satu masalah yang sampai sekarang akan terus dialami oleh para petani. Jika hama dan penyakit tidak segera diatasi dan ditanggulangi, maka bisa saja akan menimbukan dampak buruk pada tanaman yang kita budidayakan. Sama halnya dengan tanaman cabe, hama dan penyakit juga harus ditangani, kalau perlu kita berusaha untuk mencegah agar tanaman cabe tidak sampai diserang hama dan penyakit. Bagaimana cara mencegah hama dan penyakit pada tanman cabe ini? Perlu di pelajari bagaiamana tips mencegah hama dan penyakit pada tanaman cabe.

Kembali lagi pada topik kali ini yaitu masalah penyebab daun keriting pada tanaman cabe. Tadi di awal paragraf sudah admin katakan bahwa penyebab daun cabe menjadi keriting dan mengkibatkan gagal panen adalah karena serangan hama dan penyakit. Berikut ini merupakan beberapa Penyebab Daun Keriting Pada Tanaman Cabe yang mungkin bisa anda pelajari dan ketahui supaya anda bisa melakukan pencegahan.



Penyebab Daun Keriting Pada Tanaman Cabe


1. Serangan Hama dan Penyakit

Penyebab daun cabe menjadi keriting dan tidak dapat membuahkan hasil maksimal adalah karena hama dan penyakit. Hama pada tanaman cabe ini cukup bervariasi, seperti ;
  • Hama Thrips, atau bahasa latinnya (Thrips Parvisipinus)
  • Hama tungau kuning (Polyphagotarsonemus latus) dan tungau merah (Tetranycus sp.) 
  • Hama kutu daun dengan nama latin (Myzus persicae) 
Kalau untuk penyakit pada tanaman cabe ini biasanya  penyebab utama adalah karena hama tersebut, sehingga timbul menjadi penyakit.

2. Faktor iklim dan cuaca

Penyebab daun keriting pada tanaman cabe selanjutnya adalah karena faktor perubahan iklim dan cuaca yang tidak menentu. Cuaca yang tidak stabil dapat menimbulkan masalah pada tanaman cabe seperti daun cabe menjadi keriting. 


3. Bibit cabe tidak bagus

Selain penyebab diatas, ada juga penyebab daun cabe menjadi keriting yaitu karena kesalahan kita dalam memilih bibit atau benih cabe. Bibit ini sangat menentukan juga pada keberhasilan kita dalam budidaya cabe, jadi sebaiknya pilihlah bibit cabe yang benar-benar berkualitas.

Itulah beberapa Penyebab Daun Keriting Pada Tanaman Cabe, mudah-mudahan informasi ini dapat memberikan inspirasi dan pengetahuan kepada anda semua, semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...

Blog Archive