4 Cara Mudah Menanam Pepaya Di Halaman Rumah

Sponsored Links

Buah pepaya banyak ditemui di sekitar kita. tidak hanya memiliki rasa lezat , tapi merupakan sumber yang kaya nutrisi antioksidan seperti:
Cara Menanam Pepaya Di Halaman Rumah
  • Karoten
  • Vitamin C
  • Vitamin B
  • Asam folat
  • Pantotenat
  • Mineral
  • Kalium dll.
Sekarang saya akan mengupdate cara menanam pepaya:

A. SYARAT TUMBUH PEPAYA

Tanaman pepaya akan tumbuh optimal pada daerah dengan ketinggian tempat antara
200-500mdpl.
Tanaman ini butuh sinar matahari banyak  tanpa naungan, dengan suhu udara berkisar 22 -26 derajat celcius, pH tanah 6-7.
Tanaman pepaya termasuk tanaman yang sensitif terhadap kelebihan dan kekurangan air. Kalau terjadi kelebihan air, akar tanaman tidak dapat bernafas dengan baik, sehingga dapat terserang penyakit yang menyebabkan layu.

B. PELAKSANAAN BUDIDAYA PEPAYA

Persiapan lahan
Persiapan lahan diantaranya,pembuatan lubang tanam dengan jarak 2.75m zigzag. Tanam zigzag bertujuan menjaga kelembapan kebun, terlebih pada musim hujan. Lubangi dengan ukuran 25cm x25cm x25cm.
2 minggu sebelum tanam diberi pupuk kandang dengan takaran 0,5 kg/lubang tanam, dan pupuk NPK 15-15-15 dengan takaran 200 g/lubang tanam.

Persiapan Pembibitan dan Penanaman
Pada pembibitan dibutuhkan sungkup pembibitan untuk melindungi bibit yang masih muda. Persiapkan media  semai dengan  komposisi 20liter tanah,10liter PK. dan 15g NPK halus. Ketiga bahan tersebut dicampur sampai merata kemudian dimasukkan dalam polibag semai yang berukuran 8cmx10cm.Benih disemaikan kedalam media, 1butir/media .agar perkecambahan benih lebih cepat, permukaan media ditutup dengan goni atau mulsa yang lain, dengan tujuan untuk menjaga kelembaban.

Penutup media semai dibuka apabila benih sudah berkecambah,selanjutnya benih disungkup dengan plastik transparan. pada jam 07.00 – 09.00 sungkup dibuka, lalu jam 09.00 – 15.00 sungkup ditutup,dibuka lagi pada jam 15.00 – 17.00.agar tanaman kuat pada saat ditanam maka  sungkup harus dibuka penuh pada saat umur 14 hari sebelum tanam .Lakukan penyiraman setiap pagi dan jangan terlalu basah. Lakukan penyemprotan Insektisida yang berbahan aktif imidakloprid dan fungisida berbahan aktif simoksanil dilakukan pada umur 30 hari setelah semai. Dengan dosis  setengah dari dosis terendah. Bibit siap tanam dilahan bila sudah mempunyai 4 helai daun sejati.

Sedikit ilmu dari saya kali ini, bagi yang belum bisa menanam pepaya semoga membantu.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive