4 Cara Menyemai Bibit Cabai Dalam Pot Agar Cepat Tumbuh

Sponsored Links
Cabai merupakan salah satu komoditas pertanian yang makin berkembang akhir-akhir ini. Karena kebutuhan cabai di masyarakat sangat dibutuhkan sekali. Budidaya cabe sebenarnya sangatlah mudah apabila kita mengetahui trik dan tipsnya. Namun bagi orang yang masih awam atau kurang paham dengan pertanian, ya..akan sulit sekali rasanya. Terutama dalam hal penyemaian benih cabai ini. Karena dalam budidaya cabai, ada beberapa hal yang harus kita lakukan supaya kita dapat membudidayakancabe dengan benar. Salah satu caranya adalah dengan menyiapkan bibit atau benih cabai tersebut. Memang kalau kita mau membeli dipasar sudah ada sih benih cabai yang dijual dan siap tanam, namun apakah itu benih yang baik atau tidak kan kita tidak bisa memastikannya begitu saja. Namun jika benih cabai itu kita sendiri yang menyemaikannya, maka kita akan tahu kualitasnya. Untuk itu disini dasar pertanian akan bagikan Tips Menyemai Bibit Cabai Dalam Pot Agar Cepat Tumbuh.

Tips Menyemai Bibit Cabai Dalam Pot Agar Cepat Tumbuh
Benih cabai dalam pot ( Foto Pribadi : Wahyu H.W - Dasar Pertanian )


Kenapa harus menyemai bibit cabai dalam pot? Nah mungkin bagi anda ada yang bertanya-tanya, kok menyemai benih cabai didalam pot? Bukannya akan menyulitkan dan tidak dapat tumbuh maksimal? Jika anda berpikir seperti itu maka segera buang pikiran itu. Karena menyemai bibit cabai dalam pot ini sebenarnya cukup mudah dan simpel. Selain itu hal ini juga agar benih yang kita semai cepat tumbuh dan saya sendiri sudah membuktikannya. Setelah saya bandingkan menyemai benih cabai di area tanah langsung dengan dilakukan didalam pot, ternyata lebih cepat tumbuhnya didalam pot. Tapi saya punya trik dan tipsnya supaya benih cabai dalam pot cepat tumbuh. Untuk itu bagi anda yang berminat ingin mencobanya silahkan baca penjelasannya dibawah ini.

Tips Menyemai Bibit Cabai Dalam Pot Agar Cepat Tumbuh

1. Siapkan Biji Cabai Terbaik

Untuk langkah awal ini anda harus memiliki dulu biji cabai yang mau disemaikan. Usahakan bibit cabai adalah dari pohon cabai terbaik, dan jangan lupa untuk menjemurnya sebentar, atau jika ingin membeli ditoko pertanian langsung juga bisa. Anggap saja anda sudah memiliki benih cabai yang akan disemaikan.

2. Siapkan Pot Bunga

Setelah biji cabai sudah siap, maka sekarang anda siapkan pot bunga, sebenarnya boleh juga anda buat sendiri pot dari drum bekas minyak. Namun kalau saya lebih memilih pot bunga agar mudah dipindah-pindahkan.

3. Siapkan Pupuk Kandang ( Kotoran Kambing )

Langkah selanjutnya ada harus siapkan pupuk kandang, disarankan kotoran kambing ( yang sudah lama ). Kenapa harus kotoran kambing, karena kotoran kambing adalah pupuk kandang terbaik yang memiliki tingkat kesuburan baik dan tidak memiliki unsur yang begitu panas. Setelah kotoran kambing anda siapkan, silahkan anda diamkan dulu kotoran kambing itu sampai beberapa hari, kemudian anda masukkan dalam pot dan dicampur sedikit tanah hitam. Namun tanahnya sedikit saja, kalau saya malah tidak menggunakan tanah, hanya kotoran kambing saja, tapi jangan kotoran yang masih baru atau basah ya.

4. Tahap Penyemaian

Setelah proses diatas selesai, saatnya anda semaikan biji cabai yang sudah anda  persiapkan sebelumnya. Taburkan saja secara merata biji cabai pada pot tadi, kemudian letakkan pada tempat yang aman dari gangguan hewan peliharaan. Lebih bagus anda berikan jaring supaya hewan tidak masuk menggangu benih yang sudah anda semaikan. Lakukan penyiraman rutin, pagi dan sore hari. Kalau dengan menggunakan kotoran kambing, anda sudah tidak perlu lagi memberikan pupuk tambahan. Biasanya bibit akan tumbuh pada hari ke 6 atau kurang lebih seminggu setelah disemai.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...

Blog Archive