Loading...

Jamur Enoki Si Lezat yang Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Sponsored Links
.
Loading...
Meski bertubuh kecil dan langsing, jamur enoki mampu memberikan banyak nutrisi dan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Jamur enoki atau enokitake merupakan jenis jamur yang dapat dikonsumsi. Jamur ini berbentuk seperti batang kurus berwarna putih. Jamur yang memiliki nama latin Flammulina velutipes ini biasanya dijadikan bahan untuk membuat sup dan hidangan lain. Apabila Anda membeli jamur enoki dalam jumlah besar, jangan takut busuk. Jamur enoki dapat disimpan dalam lemari es selama kurang lebih satu minggu. Dan yang terpenting, jamur enoki memiliki segudang nutrisi yang bermanfaat.

Jamur Enoki Si Lezat yang Dapat Mencegah Penyakit Kanker
Jamur Enoki Si Lezat yang Dapat Mencegah Penyakit Kanker
Kandungan dan Manfaat Jamur Enoki

Dalam 100 gram jamur enoki mentah kira-kira terkandung air, energi, karbohidrat, kalium (potasium), fosfor, magnesium, niacin, folat, vitamin D, dan banyak nutrisi lainnya. Jamur enoki juga mengandung antioksidan hingga 99,7% yang bisa mencegah serangan radikal bebas. Antioksidan ergothioneine dalam jamur ini diduga mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh spesies nitrogen reaktif dan radiasi UV.

Jamur enoki kaya akan polisakarida yang bisa digunakan sebagai bahan makanan kesehatan dan dan produk kosmetik. Banyaknya serat dalam jamur enoki diduga dapat mempercepat penguraian kolesterol hingga mengurangi tingkat trigliserida, kolesterol total, lemak jahat atau LDL, dan fosfolipid dalam hati. Kandungan mycosterol dalam jamur enoki pun diduga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol total dan LDL dalam darah.

Yang lebih hebat lagi, jamur enoki memiliki zat antitumor flammulin yang diduga berfungsi sebagai agen antikanker payudara. Zat ini bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter