Wow Begini 9 Cara Mencegah Kanker Pada Anak

.
.
Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa terkena kanker. Bahkan faktanya saat ini jumlah anak yang terkena kanker meningkat. Biasanya faktor yang menyebabkan kanker pada anak berbeda dengan kanker pada orang dewasa.
Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mencegah kanker pada anak-anak. berikut adalah beberapa cara untuk mencegah kanker pada anak, seperti dilansir oleh Kids Health.

1.
Ajarkan gaya hidup sehat

 Gaya hidup sehat adalah fondasi yang kuat untuk menjaga kesehatan anak dan menghindarkan mereka dari kanker. Orang tua harus memberikan contoh gaya hidup sehat pada anak, seperti mengonsumsi sayuran dan buah, serta berolahraga teratur. Buah dan sayur yang mengandung vitamin serta antioksidan akan membantu anak menangkal kanker. Penelitian juga mengungkap bahwa anak yang sering makan buah memiliki risiko lebih kecil terkena kanker.

2.
Jangan merokok

 Jika tak bisa berhenti merokok, maka setidaknya jangan merokok di dekat anak. Merokok di dekat anak hanya akan membuat mereka menjadi perokok pasif. Selain itu, merokok di depan anak akan memberikan contoh bagi mereka untuk merokok. Perokok pasif dan perokok aktif lebih berisiko terkena kanker paru-paru. Untuk itu, sebaiknya jangan merokok, baik di depan anak maupun di lain tempat.

3.
Memberi ASI

Menyusui anak lebih dari enam bulan, setidaknya sembilan bulan ditengarai bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Selain mencegah anak terkena kanker, penelitian juga menunjukkan bahwa menyusui anak lebih lama bisa menghindarkan ibu dari kanker payudara.

4.
Kurangi asupan garam dan gula

Merdeka.com - Terlalu banyak garam bisa meracuni sel sehat, sementara gula bisa menjadi makanan bagi sel kanker. Untuk itu, sebaiknya kurangi asupan gula dan garam pada makanan anak Anda. Lebih baik masak makanan sendiri di rumah yang bisa dipastikan kesehatannya.

5.
Kurangi susu sapi

Merdeka.com - Beberapa penelitian mengungkap bahwa susu sapi dan produk susu berkaitan dengan peningkatan risiko kanker. Ini berarti makanan seperti keju, pizza, dan susu, juga bisa meningkatkan risiko kanker. Sebaiknya jangan beri anak terlalu banyak susu sapi atau produk susu.

6.
Jangan tinggal dekat jalan raya

 Penelitian di International Leukemia Conference menjelaskan bahwa anak yang tinggal di dekat jalan raya atau pom bensin memiliki kemungkinan terkena kanker seperti leukemia lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang tak tinggal di dekat jalan raya atau pom bensin.

7.
Jangan gunakan pestisida

Jangan gunakan pestisida di rumah atau memberi kemungkinan anak terkena paparan pestisida. Penelitian menunjukkan bahwa terkena paparan pestisida bisa meningkatkan risiko kanker pada anak, seperti leukemia dan kanker otak. Selain itu, jangan gunakan produk yang mengandung racun atau berbau terlalu menyengat saat hamil.

8.
Jaga berat badan anak

 Perhatikan berat badan anak. Jangan sampai mereka menjadi kelebihan berat badan atau obesitas. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang kelebihan berat badan dan mengalami obesitas lebih berkemungkinan mengalami kanker dibandingkan dengan anak dengan berat badan ideal. Selain itu, anak dengan berat badan berlebihan lebih berisiko sakit.

9.
Rumah yang bahagia

Terakhir, jadikan suasana di rumah menjadi menyenangkan. Stres dan depresi juga bisa memicu munculnya kanker, sementara tawa bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, ciptakan suasana yang menyenangkan dan membahagiakan di rumah untuk anak-anak.
Hal-hal di atas bisa membantu Anda untuk mencegah kanker pada anak-anak. Saran di atas dipaparkan peneliti pada Cancer Watch. Yang terpenting adalah mengajarkan anak hidup sehat dan selalu aktif untuk mencegah kanker.
Sumber : www.merdeka.com
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive