Loading...

Ini Dia Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan dan Batuk

Sponsored Links
.
Loading...
Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan dan Batuk -Jika seseorang sedang merakasakan panas dalam atau dalam kondisi yang kurang sehat maka akan sering mengalami yang namanya sakit tenggorokan. Sakit tenggorakan sendiri umumnya disebabkan oleh bakteri yang menyebar dimakanan ataupun minuman yang kita santap bisa juga melalui udara, makanya disebut bahwa batuk atau sakit tenggorokan ini dapat menular melalui udara. 


Disarankan yang sedang mengalami sakit tenggorokan dan batuk ini untuk memakai masker agar tidak menularkan ke orang lain.
Memanglah sangat tidak enak jika kita sudah mengalami yang namanya sakit tenggorokan ini, apalagi samoai di barengi dengan batuk-batuk. Mau ngomong susah, makan susah, apalagi nyanyi dan lain sebagai yang berhubungan dengan mulut dan tenggorakan akan terganggu fungsinya. Obat sakit tenggorokan ini sebenarnya bisa diobati dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita seperti garam, lemon, jahe dan lainnya. Jadi disini saya akan sedikit berbagi beberapa informasi obat alami untuk sakit tenggorokan dan batuk anda, silahkan disimak.

Cara mengobati sakit tenggorokan
Adapun ada beberapa obat sakit tenggorokandari bahan-bahan alami yang ada disekitar kita, apa saja, yuk disimak :

1. Berkumur dan minum air garam
Berkumur dengan menggunakan air garam sangatlah efektif dan cepat melegakan sakit tenggorokan. Dan air garam ini juga dapat menghilangkan panas dalam ketika anda telah meminumnya. Seperti yang kita ketahui bahwa panas dalam adalah salah satu penyebab dari sakit tenggorakan ini. Garam ini juga berfungsi sebagai antiseptik, yang dapat membersihkan lendir di tenggorokan dan kemudian menghilangkan rasa sakit yang ada. Sebelum berkumur, pastikanlah terlebih dahulu air dalam suhu hangat dan cukup nyaman. Kemudian tambahkanlah setengah sendok teh garam dan kemudian aduk hingga rata. Lalu Berkumurlah setidaknya 3 kali sehari, dan setelah berkumur, minumlah air garam sisanya.(jangan minum air bekas kumuran ya... gak enak hahaha).

2. Madu dan Lemon
Madu sendiri adalah bahan alami yang paling sering ditemukan dan paling sering digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Madu sering digunakan karena kemampuan anti-bakterianya yang dapat membantu proses pengobatan. Sedangkan lemon disini juga berguna untuk mengobati sakit tenggorakan. Jika anda mengkombinasikan keduanya maka pasti akan lebih efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk anda. 

3. Teh jahe
Jahe ini sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk mengobati sakit tenggorokan. Dikarenakan kandungan zingiberin pada jahe ini dapat membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh dan juga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Khasiat anti-inflamasi dalam jahe ini juga membantu membunuh bakteri jahat yang ada di dalam tubuh. Untuk menikmati minuman berkhasiat ini, maka anda cukup iris beberapa ruas jahe dan nikmati dengan secangkir teh hangat. 

4. Bawang putih
Bahan ini adalah salah satu bahan yang sering dijadikan sebagai bumbu dapur ini ternyata dapat mengobati sakit tenggorokan juga. Hal ini Dikarenakan bawang putih mengandung senyawa yang bernama allicin yang merupakann zat pembunuh bakteri. Cara menggunakannya pun gampang sekali, anda tinggal kunyah beberapa bawang putih mentah tersebut, dan diamkan dalam tenggorokan anda selama beberapa menit, selanjutnya kumur dengan air hangat. (dilanjutkan dengan minum teh jahe, atau campuran madu dan lemon)

5. Buah belimbing
Buah yang berbentuk “starfruit” ini ternyata juga bisa mengobati sakit tenggorokan lo. Buah belimbing ini ternyata memiliki khasiat sebagai anti-radang yang bisa digunakan untuk mengobati radang pada tenggorokan. Untuk menggunakannya anda dapat mengkomsumsinya secara langsung, ataupun di buat jus (tanpa gula ya).
Itulah tadi beberapa cara alami untuk menyembuhkan sakit tenggorokan dan batuk dengan berbagai macam bahan tanaman maupun yang ada di dapur anda. Mudah bukan?

Semoga bermanfaat
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter