Hebat dan Kreatif, Petani ini ‘Sulap’ Coca-Cola dan Pepsi jadi Pestisida Untuk Tanaman!

.
.

MINUMAN ringan sudah sangat populer di dunia. Berbagai merk minuman ringan telah banyak beredar dan menjadi tren tersendiri di masyarakat, meskipun diketahui minuman ini tidak baik untuk kesehatan. Uniknya, para petani di wilayah Chhattisgarh, India, berhasil ‘menyulap’ dua merk minuman ringan terkenal menjadi pembasmi hama bagi tanaman mereka!
colapep
Padahal, dari pihak Pepsi dan Coca-Cola telah mengatakan bahwa tidak benar jika produknya dapat digunakan sebagai pestisida, karena selama ini tidak ada minuman ringan yang dapat digunakan untuk membunuh hama.
Penggunaan minuman ringan pun langsung menjadi tren di wilayah tersebut, meskipun itu bukan untuk dikonsumsi. menurut pengakuan petani setempat, penggunaan minuman ringan dibanding pestisida bsa menghemat biaya 10 kali lipat. Begitupun penjualan minuman ringan telah meningkat secara dramatis di banyak desa.


Sebagai perbandingan, jika mereka mencampur sebotol Pepsi atau Coca-Cola dengan air dan disemprotkan pada tanaman, mereka hanya memerlukan biaya sekitar 138-150 rupee/hektar (sekitar Rp 30.000). Jadi para petani melihat perubahan yang signifikan dalam pendapatan saat panen dan pada saat yang sama juga mengurangi penggunaan pestisida, menjaga tanah mereka tetap subur.
Salah satu ahli pertanian India, Devendra Sharma, mengatakan bahwa beberapa petani memang benar-benar berpikir bahwa minuman ringan sama dengan pestisida. Namun, ahli pertanian tersebut menjelaskan kemungkinan besar karena sirup gula yang disemprotkan pada tanaman mereka, berhasil menarik semut yang pada gilirannya memakan larva serangga.
Sementara ahli pertanian lain, Sanket Thakur mengatakan “Semua yang terjadi adalah bahwa tanaman mendapatkan pasokan langsung karbohidrat dan gula yang pada gilirannya meningkatkan kekebalan tanaman.”
Berminat untuk mencoba? 

Sumber : www.islampos.com
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive