Cara Mudah dan Menjanjikan Beternak Ayam Kampung Super

.
.


Cara Beternak Ayam Kampung Super - Sebenarnya cukup mudah, asal telaten dan mengetahui tentang apa saja yang perlu diperhatikan. ayam kampung super adalah ayam yang biasa di budidayakan oleh peternak di indonesia dengan cara diumbar, atau ayam di biarkan berkeliaran dan mencari makan sendiri. Namun cara ini dipandang kurang memiliki nilai ekonomis jika tujuan pemeliharaan untuk profit oriented. pola pemeliharaan ayam kampung secara intensif merupakan cara yang bisa mendatangkan keuntungan sebagai sebuah bisnis. Permintaan daging ayam kampung yang cukup besar memberikan peluang bisnis yang menggiurkan untuk budidaya ayam kampung yang intensif. Perawatan ayam kampung yang dipelihara secara intensif memiliki sedikit perbedaan dengan perawatan ayam kampung cara tradisional. Selain memerlukan perhatian yang ekstra juga masalah pemberian makanan harus lebih diatur. Memelihara ayam kampung secara intensif memiliki keungulan, yaitu lebih mudah melakukan kontrol terhadap penyakit.
Cara Beternak Ayam Kampung Super
Cara Beternak Ayam Kampung Super
Cara Beternak Ayam Kampung Super
Memilih Bibit Ayam Kampung
Bibit ayam kampung atau lebih dikenal dengan DOC merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Jika tujuan pemeliharaan ayam kampung untuk tujuan diambil daging, maka memilih DOC dari keturunan ayam yang bertubuh besar dan pertumbuhan yang cepat diprioritaskan. Selain itu waktu penetasan bibit ayam kampung (DOC) harus tepat waktu(21 hari) tidak terlalu cepat atau terlalu lama.

Ciri-ciri DOC yang memiliki kualitas bagus antara lain berdiri tegap, sehat dan tidak cacat, mata bersinar, pusar terserap sempurna, bulu bersih dan mengkilap. Jangan lupa memberikan vaksinasi sesuai usia DOC.

Berikut adalah analisa usaha ternak ayam kampung super yang telah di analisis di blog docayamkampungsuper.com seperti di bawah ini :

Berternak ayam kampung super memiliki prospek lebih baik daripada berternak jenis unggas lain, hal ini dikarenakan beberapa keunggulan dari ayam kampung super (jawa super). Ayam kampung super memiliki keunggulan antara lain:
  • Memiliki fisik dan corak seperti ayam kampung pada umumnya.
  • Masa panen yang relatif lebih singkat.
  • Harga jual yang lebih tinggi dan stabil.
  • Lebih ramah lingkungan karena tidak menimbulkan bau yang menyengat.
  • Pemeliharaanya mudah karena memiliki daya tahan tubuh yang tinggi.
Inilah analisa usaha ayam kampung super per 1000 ekor.
Bibit Anak Ayam Kampung Super
Doc 1000(20) x 4200 = 4.200.000
Pakan 40 sak x 350.000 = 14.000.000
Vaksin dan vitamin = 200.000
Lain-lain = 100.000
18.500.000

Penjualan
  • Jumlah ayam 1000+20 (Bonus).
  • Estimasi kematian 5%
  • Harga jual rata-rata Rp 27.000
  • Estimasi bobot rata-rata 9 ons
  • 970 ekor x 9 ons = 873kg x 27.000 = 23.571.000
Laba bersih = Penjualan – Modal = 23.571.000 – 18.500.000 = Rp 5.071.000,00

Demikianlah ulasan tentang cara beternak ayam kampung super, mudah mudah bermanfaat bagi anda dan menambah wawasan anda....
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive