Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar dan Siap Jual

.
.

Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar - Ikan gurame merupakan salah satu ikan yang cukup berpotensi besar untuk dibudidayakan. Ikan gurame sendiri tentu sangat disukai banyak masyarakat terutama di Indonesia terutama karena dagingnya yang enak dan tebal. Pembudidayaan ikan gurame yang cenderung lama ini tentu membuat ikan gurame menjadi mahal di pasaran dan juga menjadi makanan khas yang disebut elit untuk golongan ikan terutama untuk gurame berukuran besar. Namun, membudidayakan ikan gurame nyatanya ada cara mempercepat pertumbuhan gurame. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara budidaya ikan gurame agar cepat besar dan tentu akan memudahkan Anda dalam melakukan pembudidayaan ikan gurame.
Tips Agar gurame cepat Besar
Lokasi Pembutan Kolam
Dalam cara budidaya ikan gurame agar cepat besar yang perlu Anda perhatikan untuk pertama kalinya adalah lokasi yang tepat dalam pembuatan kolam. Kolam untuk ikan gurame yang baik adalah yang memiliki sinar matahari langsung yang cukup. Ikan gurame sendiri memiliki habitat aslinya di tempat dataran rendah dan memiliki suhu untuk pengoptimal pertumbuhannya sekitar 25 derajat hingga 28 derajat celsius. Inilah mengapa mengembangbiakkan ikan gurame akan lebih baik jika dilakukan di dataran rendah dan kurang cocok di dataran tinggi. Ikan gurame sendiri hanya mampu berkembang secara baik di ketinggian maksimal 800 mdpl. 

Ukuran Benih Yang Sehat
Adapun benih yang baik untuk pembudidayaan ikan gurame adalah benih yang sehat dengan berat sekitar 100 gram atau kira-kira berumur lebih dari setahun. Dengan demikian, Anda akan lebih cepat memanen ikan gurame yang pada dasarnya akan siap jual pada kisaran berat sekitar 500 gram. Cara budidaya ikan gurame agar cepat besar tentu didukung dengan benih yang baik. Benih ikan gurame akan lebih baik jika didapatkan dari lokasi pembudidayaan ikan gurame lain yang tidak terlalu jauh, sehingga ikan gurame tidak perlu lebih keras dalam beradaptasi.

Pakan dan Pemberian Protein Nabati
Pakan ikan gurame yang baik sebenarnya adalah pakan yang mengandung unsur baik protein hewani atau protein nabati. Sehingga, Anda sangat direkomendasikan jika memberikan ikan gurame budi daya Anda dengan campuran kedua bahan makanan tersebut. Kandungan protein hewani sendiri merupakan salah satu faktor pemercepat pertumbuhan ikan gurame yang sesuai dengan cara budidaya ikan gurame agar cepat besar dalam artikel ini. Pakan hewani setidaknya diberikan sekitar 25% atau diatasnya. Sedangkan untuk protein nabati dapat Anda berikan kepada ikan gurame dengan memberikan makanan seperti daun talas, daun kangkung, daun singkong, dan selada air. Supaya lebih cepat lagi, berikan juga enzim komplek kira-kira sebanyak 2% dari pakan pabrik.

Pengeringan kolam Agar Terhindar Dari Penyakit
Supaya gurame Anda terlindungi dari penyakit-penyakit ikan gurame seperti jamur dan lain sebagainya, ada baiknya sebelum Anda memulai penebaran benih. Lakukan pengeringan kolam selama 10 hingga 14 hari dan berilah kapur untuk pertanian sebanyak 100 sampai 200 gram per meter persegi. Peralatan pembudidayaan ikan gurame juga sebaiknya direndam larutan kaporit lalu dikeringkan. Apabila Anda menemukan ikan gurame yang terserang jamur, segera pisahkan dan direndam dalam larutan garam dapur sekitar 20 mg per liter selama sejam. Semoga artikel cara budidaya ikan gurame agar cepat besar dan siap jual ini dapat membantu Anda.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive