Sejuta Manfaat dan Khasiat Memakan Buah

.
.

Buah adalah salah satu makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, berbagai fanfaat  yang di dapat dari buah sangatlah bayak, bayak-bayaklah makan buah karna buah mengandung banyak manfaat.
Selebihnya, manfaat buah-buahan yang lain ialah dapat menurunkan risiko Anda untuk terkena penyakit darah tinggi, kanker, penyakit jantung dan kencing manis. Buah juga dapat meningkatkan kondisi kesehatan kulit dan membantu pertumbuhan rambut. Di bawah ini akan dibahas beberapa manfaat buah-buahan bagi kesehatan dan manfaat buah untuk diet.

Mengapa Manfaat Buah-Buahan Begitu Banyak?
Jadwal sehari – hari yang sibuk dan padat dapat mempengaruhi pola makan kita, yaitu membuat kita lebih memilih makanan cepat saji dan penuh dengan pengawet dibandingkan makanan yang segar dan sehat. Makanan cepat saji biasanya hanya mengandung kalori yang tinggi namun tidak banyak mengandung nutrisi essensial lain yang dibutuhkan tubuh. Manfaat buah-buahan yang utama ialah memberikan berbagai macam nutrisi penting yang dapat menjaga kesehatan tubuh.
Buah Dapat Memberikan Tambahan Energi Dengan Cepat
Buah akan menyediakan energy bagi tubuh yang dapat dipergunakan dengan cepat. Manfaat buah-buahan yang satu ini dapat kita gunakan sebagai penyedia energi yang cepat di tengah jadwal kita yang sibuk. Ini alasan mengapa banya atlet yang sering makan buah pada saat dan setelah beres latihan. Ini juga merupakan alasan mengapa buah merupakan menu yang bagus untuk diselipkan di makanan keseharian ibu hamil.

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati
Jaman sekarang ini banyak masyarakat yang mengeluarkan uang lebih banyak untuk menjaga kesehatannya. Salah satunya ialah dengan membeli banyak suplemen dan multivitamin di apotek agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Namun konsumsi vitamin dan nutrisi lainnya lebih baik didapatkan dari sumber yang alami. Buah merupakan sumber vitamin dan zat supplemental lainnya. Penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi buah secara teratur dalam 10 – 20 tahun dapat membuat tubuh lebih sehat.

Mencegah Berbagai Jenis Penyakit
Kombinasi kandungan falavanoid, antioksidan, mineral, vitamin, makronutrien serta mikronutrien membuat buah sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. Manfaat buah-buahan yang satu ini dapat menurukan risiko Anda terkena stroke, tekanan darah tinggi, sembelit, kanker, penyakit jantung, kencing manis dan penyakit kronis lainnya. Misalnya buah pisang yang kaya akan kalium akan mencegah Anda menderita penyakit jantung, stroke dan tekanan darah tinggi bahkan mengurangi rasa cemas berlebih. Buah juga mengandung banyak air dan serat yang membantu fungsi pencernaan Anda.

Manfaat Buah Untuk Diet
Ketika Anda mulai memasukkan menu buah-buahan ke dalam menu harian Anda, Anda akan merasakan adanya penurunan berat badan atau berat badan Anda akan stabil pada angka yang normal. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi buah dapat menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan orang yang gemar mengkonsumsi buah akan mengeliminasi makanan ringan yang tidak sehat di menu hariannya. Ditambah lagi kandungan air dari buah yang akan membantu proses detoksifikasi zat tak berguna di dalam tubuh. Secara umum, buah tidak mengandung lemak yang dapat menambah berat badan Anda. Namun jangan lupa untuk tetap berolahraga bila diet merupakan tujuan utama Anda.

Mengobati Jerawat
Jerawat merupakan salah satu kondisi kulit yang paling mengganggu dan menyebalkan. Dengan mengkonsumsi buah dalam jumlah yang cukup, Anda dapat mencegah dan mengatasi jerawat. Manfaat buah-buahan bagi kesehatan kulit Anda adalah menjaga kelembapan kulit dan memberikan kulit nutrisi yang baik. Beberapa buah juga memiliki efek tidak langsung yang dapat menekan jerawat. Contohnya apel yang mengandung banyak pectin akan membantu menyembuhkan konstipasi; dimana konstipasi merupakan salah satu pencetus terjadinya jerawat. Buah beri dapat membersihkan kulit sehingga melindungi kulit dari jerawat dan penyakit kulit lainnya. Buah lain yang dapat mencegah jerawat ialah anggur, pepaya dan lemon.

Membuat Rambut Menjadi Sehat dan Indah
Menumbuhkan rambut yang sehat merupakan salah satu manfaat buah-buahan. Vitamin A akan mempercepat pertumbuhan rambut dan melembutkan tekstur rambut. Mengkonsumsi buah saat perut kosong akan mencegah kerontokan rambut dan mencegah pembentukan uban. Buah jenis jeruk merupakan contoh yang baik untuk melebatkan rambut. Vitamin C akan membantu rambut Anda tumbuh serta membuatnya menjadi lebih berkilau.

Hal yang Harus Diingat Saat Mengkonsumsi Buah
Selalu usahakan memakan buah bersama kulitnya. Tetu saja prinsip ini berlaku untuk buah yang kulitnya lunak dan dapat dimakan, seperti apel dan aggur. Mengapa kulit buah itu bagus? Karena kulit buah mengandung serat yang lebih banyak dibandingkan dagingnya. Serat akan membantu sistem pencernaan Anda bekerja lebih optimal.
Bila memungkinkan, pilihlah buah yang belum diproses untuk dikonsumsi dibandingkan buah yang sudah di proses misalnya dijus. Sebenarnya buah yang dijus pun baik untuk dikonsumsi daripada tidak mengkonsumsi buah sama sekali. Namun, banyak ahli yang berpendapat bahwa buah yang tidak diproses memiliki lebih banyak keuntungan. Apalagi biasanya buah yang telah dijus sudah ditambahkan gula dan pengawet lainnya yang kurang baik untuk kesehatan Anda.
Jangan makan buah di waktu yang bersamaan dengan jadwal makan berat Anda. Hal ini dapat menyebabkan naiknya kadar asam lambung dan malah menimbulkan masalah pencernaan karena buah biasanya bersifat asam. Selalu konsumsi buah dalam perut kosong, misalnya 1 atau 2 jam sebelum atau sesudah makan. Jangan langsung minum air juga setelah makan buah karena efeknya dapat meningkatkan kadar asam lambung.
Waktu paling optimal untuk makan buah adalah di pagi hari. Manfaat buah-buahan akan lebih optimal dikonsumsi di waktu ini karena akan membantu proses detoksifikasi di tubuh Anda dan membantu menurunkan berat badan Anda. Meski Anda akan tetap mendapatkan manfaat buah-buahan bila dikonsumsi kapan saja, namun manfaatnya akan lebih banyak dan optimal bila dikonsumsi pada pagi hari.
Simpan buah-buahan yang telah Anda beli di suhu sejuk, kering serta tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Suhu ekstreme akan mengurangi kapasitas waktu penyimpanan buah sehingga buah dapat cepat rusak.
Selain enak, ternyata buah memiliki banyak keuntungan yang dapat diberikan kepada tubuh kita bila kita mengkonsumsinya secara teratur. Manfaat buah-buahan banyak sekali untuk kesehatan tubuh kita dan dapat berguna juga untuk program diet kita. Dan perlu diingat beberapa prinsip yang sebaiknya Anda ikuti saat mengkonsumsi buah agar manfaat yang didapatkan lebih banyak dan lebih optimal. Selamat menjalankan hidup sehat.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive