Petani Adalah Tiang Negara - Petani Sejahtera Negara Bangga!

.
.
PETANI (Pertahanan Tiang Agung Negara Indonesia) itulah singkatan yang pantas untuk para Petani, bagaimana tidak? petani adalah pahlawan pangan dan aparat pertahanan pangan di Indonesia. Jadi sebenarnya bukanlah hal yang wajar apabila negeri ini rakyatnya menderita karena kelaparan, bukankah sebagian besar penduduk Indonesia bekerja sebagai petani?
Beberapa hal yang Yang menjadi faktor negara kita mengalami wabah kelaparan :
1. peranan petani dalam pertahanan pangan mulai diabaikan. bagaimana petani dapat menjadi aparat pertahanan pangan apabila minimnya pembekalan ilmu pengetahuan dan teknologi pada diri mereka. padahal ilmu pengetahuan dan teknologi pemegang peranan terpenting dalam kemajuan pangan di Indonesia. Upaya peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi petani ini dapat dilakukan melalui proses pembelajaran melalui bimbingan penyuluhan, pelatihan, kursus, sekolah lapang, pendampingan dan lainnya. Materi dan cara penyampaiannya harus disesuaikan dengan kebutuhan petani dan kemampuan petani dalam menyerap, hal ini penting dilakukan mengingat sebagian besar petani kita hanyalah lulusan SD sampai smp hanya sedikit yang sma dan sarjana.
2. Lahan pertanian yang sedikit demi sedikit berkurang dan mulai beralih fungsi menjadi gedung-gedung maupun perumahan. Upaya untuk meningkatkan luasnya lahan pertanian yaitu dengan cara membatasi jumlah pembangunan.
3. Sistem irigasi/ pengiran yang kurang baik turut menawarkan diri dalam menghambat pertumbuhan pertanian di Indonesia.
4. Minimnya jumlah benih unggul, minimnya permodalan, peralatan yang masih tradisional, mahalnya harga pupuk dan pestisida adalah faktor pemacu rendahnya tingkat produksi pangan di Indonesia.
Pemerintah harus segera membenahinya karena jika tidak segera dibenahi maka petani tidak dapat meningkatkan hasil pertaniannya dengan baik dan negara kita ini terus mengalami wabah kelaparan. Kalau negara lain terus dapat meningkatkan produksi pangannya, kenapa kita tidak. Kalau rumput tetangga hijau kita harus lebih hijau kan?
Ayo kita majukan mutu pertanian di Indonesia, agar wabah kelaparan pergi jauh-jauh deh dari negara kita.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive