Inilah Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

.
.
Apa yang terbayang saat Anda mendengar kata sirih? Apakah orang-orang yang senang mengunyah daunnya? Kegiatan tersebut pasti sudah sering didengar. Namun, tanaman yang bernama Latin Piper betle ini ternyata memiliki banyak keuntungan lain yang bisa dimanfaatkan, loh! Tak terkecuali untuk rumah.
Manfaat Daun Sirih
Manfaat Daun Sirih
Pertama, tentunya sudah banyak yang tahu bahwa sirih sering dimanfaatkan sebagai tanaman herbal. Tumbuhan ini seringkali digunakan untuk menyembuhkan berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan, seperti asma, radang tenggorokan, luka bakar, atau bau mulut. Tumbuhan yang juga merupakan flora khas Kepulauan Riau tersebut memiliki banyak jenis, berwarna hijau, merah, dan hitam. Di antara ketiganya, sirih merah hijau dan merah ialah dua yang cukup sering digunakan sebagai tanaman obat.
Kedua, layaknya tumbuhan lain, kehadiran sirih jelas dapat mempercantik rumah. Warna dan jenisnya yang beragam dapat menghijaukan serta menyegarkan pemandangan. Pemandangan tersebut dapat semakin cantik dengan bentuknya yang unik, sekalipun pohon sirih meninggi, daunnya justru tumbuh merambat. 

Manfaat lainnya untuk rumah ialah sebagai pengharum ruangan. Tumbuhan in bisa diletakkan di dapur untuk menghilangkan bebauan tak sedap di sana. Bisa juga, di kamar tidur atau ruang tamu. Beberapa lembar daunnya juga bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan serangga atau semut. Untuk mengusirnya, cukup dengan menempatkan daun sirih di area yang sering dikerubuti oleh serangga. 

Menanam tanaman sirih jelas tidak akan merugikan. Bila ingin melakukannya, tanamlah saat awal atau masuknya musim hujan. Hal ini karena tumbuhan tersebut membutuhkan jumlah air yang cukup banyak untuk pertumbuhan, tetapi ingat jangan sampai tanah menjadi terlalu basah. Penyiraman baru dikurangi saat sirih sudah berusia dewasa saat akar cukup dalam untuk mencari air tanah sendiri. Sementara untuk perkembangbiakannya dapat dengan teknik merunduk, stek, dan stek air. 
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive