Cara Unik Menanam Sayuran di Botol Bekas

.
.
Menanam sayuran dalam botol bekas saat ini bukanlah perkara yang mustahil. Menanam tidak hanya bisa dilakukan di lahan luas yang biasanya terdapat di kebun. Anda dapat menanam dimana saja bahkan di lahan yang terbatas yang ada di pekarangan rumah anda. Anda juga dapat menggunakan barang-barang bekas yang sudah tidak anda gunakan lagi. Botol bekas contohnya. Anda bisa menanam sayuran dalam botol bekas. Mudah dan sangat terjangkau bukan?

Kelebihan lain dari menanam sayuran dalam botol bekas ini adalah anda dapat me-recycle barang-barang yang sudah tidak anda gunakan, dan dapat menghasilkan produk yang lebih berguna. Selain itu, anda juga dapat menyusun tanaman dalam botol bekas dimana saja dengan lebih praktis dan efektif selama masih mendapatkan sinar matahari. Anda bisa menyusunnya ke atas seperti vertikal garden, cara ini sangat baik untuk menghemat tempat.
________________________________________
Menanam Sayuran Dalam Botol Bekas
________________________________________
Pada dasarnya, ada dua cara untuk menanam sayuran dalam botol bekas. Yaitu cara biasa dan cara hidroponik. Kedua cara ini tidak ada yang sulit dan sama-sama menguntungkan, tinggal terserah anda ingin menggunakan cara yang mana.
Menanam Sayuran Dalam Botol Bekas
Menanam Sayuran Dalam Botol Bekas
1.    Cara Biasa
Cara menanam sayuran dalam botol bekas ini sama saja dengan anda menanam tanaman lainnya. Anda hanya perlu menyiapkan botol bekas dengan ukuran lumayan besar. Contohnya adalah botol minuman air mineral bekas. Anda masukan tanah dan pupuk kandang secukupnya, dan anda sudah bisa menanam sayuran yang anda inginkan.
Tipsnya jangan gunakan sayuran yang memakan banyak tempat, ini karena keterbatasan tempat itu sendiri. Cara menanam sayuran ini juga bisa disebut dengan cara menanam sayuran organik, karena anda tidak membutuhkan pupuk kimia sama sekali. Jadi kandungan sehat dalam sayuran anda lebih terjamin.

Cara menanam sayuran dalam botol bekas ini juga tidak akan merepotkan anda dengan perawatannya. Anda hanya perlu menyiramnya sehari sekali, bahkan masih bisa bertahan hidup jika anda menyiramnya dua hari sekali.
Menanam Sayuran Dalam Botol Bekas
Menanam Sayuran Dalam Botol Bekas
2.    Cara Hidroponik
Cara menanam sayuran dalam botol bekas yang kedua adalah dengan menggunakan cara hidroponik. Anda tidak perlu memikirkan membeli alat-alat yang mahal dan akan merepotkan anda. Alat dan bahan yang anda butuhkan sangat mudah untuk anda jumpai pada lingkungan sekitar anda. Alat dan bahan yang anda butuhkan adalah :
  • Botol minuman mineral bekas tentu saja
  • Alat untuk memotong, terserah anda mau cutter, gunting atau pisau biasa
  • Sumbu kompor ataupun kain flanel
  • Media tanam bisa berupa rockwool atau apapun terserah anda
  • Dan tentu saja air nutrsinya
Cara membuatnya juga cukup mudah, yaitu sebagai berikut :
  • Potong botol bekas anda menjadi dua bagian, perhatikan agar potongannya rapi dan tidak miring dan meninggalkan bekas bergerigi, sehingga akan sakit jika terkena tangan anda.
  • Buat lubang pada tutup botol anda, ini dimaksudkan untuk memasang sumbu atau kain flanel anda. Jadi pastikan agar lubang anda pas untuk dipasangi sumbu atau kain flanel.
  • Masukan kain flanel ke dalam lubang dan biarkan sebagian besar kain flanel menjuntai ke bawah, agar dapat menyerap air nutrisi yang akan diberikan
  • Isi media tanam pada bagian atas botol dan sekalian masukan bibit sayuran yang akan anda tanam.
  • Gabungkan kedua bagian botol bekas anda dengan bagian atas dibalik. Jangan lupa mengisi air nutrisi anda di bagian bawah botol. Dan peralatan tanaman hidroponik anda siap untuk digunakan.
Itulah kedua cara menanam sayuran dalam botol bekas yang sangat mungkin anda buat sendiri di rumah. Semoga dengan adanya informasi di atas, anda bisa menghemat pengeluaran anda untuk membeli sayuran. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive