Loading...

Ini 10 Rahasia Peluang Bisnis Hidroponik Untuk Pemula

Sponsored Links
.
Loading...
usaha hidroponik
Peluang usaha hidroponik untuk pemula. Analisa lengkap dan perhitungan bisnis ini. Keuntungan serta contoh sayuran dan tanaman yang cocok, cabe misalnya.
Hidroponik adalah budidaya menanam yang memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Namun, justru mengedepankan pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.
Kebutuhan pada tanaman hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya tumbuhan yang menggunakan tanah sebagai medianya. Karena dengan air terbatas pun budidaya Hidroponik ini tetap dapat efisien, maka cara ini lebih dapat dimanfaatkan dengan lahan yang terbatas.

Peluang Usaha Hidroponik

Setidaknya, inilah 10 Alasan kenapa Hidroponik sangat prospektif.
  1. Mudah dikembangkan
Hidroponik adalah salah satu sistem budidaya tanaman yang sangat mudah untuk dikembangkan. Untuk anda yang akan memulai usaha satu ini, sepertinya layak untuk menjadikan artikel ini sebagai referensi tepat. Dengan potensi pangsa pasar luas, hidroponik pun juga dapat menjadi budidaya kelas yang luar biasa prospeknya. Dengan modal yang dapat di skala bagi masing-masing pemula bagi usaha pengembangan budidaya ini.
  1. Hemat Tempat
Untuk lokasinya, anda dapat memanfaatkan lokasi yang sempit sekalipun. Dengan lahan sempit, anda dapat tetap berpeluang sukses dengan usaha budidaya ini. Untuk ukuran wadah larutan tergantung pada ukuran tanaman yang akan dibudidayakan.
  1. Media yang mudah
Apabila anda lebih memilih memulai usaha ini di rumah, maka anda dapat menggunakan benda-benda di sekitar sebagai tempat budidaya Hidroponik ini. seperti toples, ember, gelas, atau tempat-tempat lainnya akan membantu anda untuk memulai budidaya.
Perlu juga anda pikirkan untuk membungkus wadah-wadah bening dengan melapisinya menggunakanaluminium foil, plastic, maupun cat untuk lebih memastikan cahaya ditolak untuk masuk, jadi memperkecil kemungkinan tumbuhnya lumut. Karena tidak menggunakan media tanah inilah yang dapat memberikan kemudahan lebih bagi anda.
bisnis hidroponik
  1. Butuh Ketekunan, Mencoba dan Belajar
Dengan ketekunan serta ketelatenan, maka anda akan mendapatkan perjalanan bisnis menunjang masa depan dari penggunaan budidaya Hidroponik ini. Dengan penempatan yang cukup mudah, maka akan menambah keinginan anda memulai usaha satu ini. Keperluan sebagai hiasan juga dapat menjadi salah satu faktor munculnya budidaya Hidroponik menguntungkan ini. pot-pot Hidroponik akan lebih leluasa ditempatkan di sisi rumah mana saja.
  1. Bisa Hidup Tanpa Pestisida
Bila anda memiliki lahan yang lebih luas, maka akan lebih membantu dalam melakukan budidaya Hidroponik ini. Karena anda juga akan semakin ditunjang dengan fakta satu ini, jika kebutuhan nutrisi pada tanaman yang budidayanya menggunakan sistem Hidroponik dan dikelola dengan baik, maka bisa jadi pestisida tidak dibutuhkan lagi, maka dampaknya tidak ada residu pestisida yang ada pada pembuangan media airnya.

Contoh Bisnis Tanaman dan Sayuran Hidroponik

Berikutnya kita akan membahas beberapa tanaman yang cocok untuk bisnis ini.
  1. Sesuaikan Lahan dengan Tanaman
Untuk lahan yang cukup luas maupun lahan yang kurang luas pun, anda dapat melihat lagi peluang dari segi tanaman yang dapat tumbuh dengan menggunakan media Hidroponik.
Contohnya saja selada, sawi, selada air, timun, atau sayuran-sayuran hijau lainnya kiranya dapat menjadi referensi bagi anda. Pertumbuhan subur dengan media sederhana mampu memberikan skala khusus bagi pengembang untuk membuatnya sebagai salah satu pilihan prospek masa depan.
Bukan hanya berupa sayuran hijau, seperti cabai dan tomat pun tidak kalah juga. Kedua tanaman ini akan hidup dengan sangat baik menggunakan budidaya Hidroponik.
Secara singkat dapat dipastikan, bahwa tanaman yang dibudidayakan dengan menggunakan sistem Hidroponik maka akan mudah penanganannya apabila mengedepankan kualitas serta kuantitas nutrisi yang didapatkan oleh tanaman melalui aliran air yang sedikit dan efisien.
  1. Hidroponik Cabe, Ramai Peminatnya
hidroponik Cabe

Pemilik restoran dan supermarket sekarang lebih suka memilih tanaman hidroponik salah satu sayuran yang paling banyak di cari adalah cabai. Berikut adalah alasan kenapa tanaman hidroponik ramai peminat.
a.Hemat air untuk mencuci karena tanaman ini tidak terlalu kotor
b. Tidak menggunakan pestisida
c. Higienis karena tidak menyentuh tanah
d. Tidak diserang hama seperti ulat
  1. Ada 3 cara hidroponik yang paling terkenal
a. NFT ( Nutrient Film Technique)
Seperti membuat selokan dari pipa yang dilubangi. Akar tanaman langsung terkena air yang sudah berisi nutrisi hara. Cocok untuk sayuran seperti bayam.
b. Wick System
Mirip NFT, biasanya pipanya tidak dijadikan selokan tetapi dipotong separo. Lalu ditaruh di wadah yang ada air unsur hara dan sekamnya.
c. Air tetes
Menanam di Polybag yang diisi sekam padi. Lalu air bernutrisi hara diatur supaya menetes sedikit demi sedikit.
  1. Modal minim, untung menggiurkan
Misalnya Selada. Biaya pembuatan selada per kg : Rp 20.000 sedangkan harga jual ke supermarket adalah Rp 35.000,-. Anda sudah untung 15.000 per kg. Bayangkan jika anda bisa membuat 1 kwintal bahkan 1 ton selada perbulan. Untuk menghasilkan satu ton selada, anda butuh tenaga kerja lho.
  1. Berbisnis Hidroponik untuk dijual sebagai hiasan
Bahkan dengan semakin berkembangnya zaman, maka kebutuhan manusia kian beragam. Seperti halnya dengan kebutuhan pada tanaman salah satunya sistem Hidroponik. Beberapa orang bukan menggunakan budidaya Hidroponik sebagai pengembang usaha secara global untuk pemenuhan pangan saja.
Beberapa dari mereka justru membuat sistem Hidroponik sebagai hiasan rumah yang menambah kesan mewah namun tetap sederhana. Hal inilah yang semakin memikat para konsumen serta pembuka peluang usaha untuk tetap fokus dalam berkarya.
Karena tidak ada yang tidak mungkin, jika semakin lama sistem Hidroponik akan semakin mendunia karena sistem dan cara yang dapat dipelajari, selain itu tentunya fokus lokasi yang tidak akan mengecewakan bagi konsumen atau pebisnis yang hanya memiliki lahan sempit.
Maka dari itulah, dengan semakin tingginya keinginan elegan serta tetap praktis yang diinginkan pangsa pasar, maka anda dapat mendulangnya dengan pemanfaatan lahan sempit sebagai salah satu sektor masa depan yang gemilang. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Sumber : http://erakini.com/bisnis-hidroponik/#contoh
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter